Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Head Unit Monitor Nissan March, Tinggal Pasang

billy - Kamis, 29 Maret 2012 | 16:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Mengganti head unit standar Nissan March jadi versi monitor sangatlah mudah. Sebab di pasaran umum sudah tersedia komponen pengganti model plug and play, yang dapat dipasang lebih mudah tanpa harus melakukan modifikasi.

Seperti head unit monitor Symbion tipe OEM, yang ditawarkan Wiki Wiki dengan banderol Rp 2,7 juta ini (Gbr.1). "Sudah termasuk instalasi di mobil, berikut penambahan antena dalam dan kabel konektor buat iPod," jelas Andreas Abbas, instalatur di Jl. Gading Kirana Timur Blok H11 No.15-16, Jakut ini.

Pemasangannya sendiri hanya butuh waktu sekitar 30 menit, karena unit monitor memang didesain khusus buat pengganti head unit bawaan mobil.

Cover penutup head unit di dasbor mesti dibuka. Kemudian lepas dua baut di sisi kiri dan kanan bodinya. Kabel audio juga mesti dilepaskan dari tiap soket (Gbr.2).


Setelah bodi head unit terlepas seluruhnya dari rumahnya di dasbor, monitor pengganti dapat dipasang mengikuti langkah sebaliknya.

Yaitu dengan memasang terlebih dulu bracket kuping di kanan-kiri bodi monitor, menggunakan komponen bawaan head unit standarnya. "Supaya posisi di dalam dudukan rumahnya bisa pas dan enggak goyang," tambah Abbas.

Lanjut dengan memasang kembali kabel audio mobil ke tiap soket head unit monitornya. Jika ingin sekaligus memasang kabel antena, iPod maupun kabel aux-in, bisa langsung disambungkan ke tiap konektor yang sudah tersedia.

Untuk antena TV tersedia konektor antena dalam. Sebagai penghubung aux-in sudah tersedia kabel RCA, dan tinggal disambung dengan kabel aux-in ukuran 3,5. Sementara untuk iPod, kabel penghubungnya cukup ditancapkan pada lubang konektor iPod, yang juga sudah tersedia di bodi belakang monitor (Gbr.3).

Setelah semua kabel penghubung gadget eksternal terpasang, masukkan bodi monitor ke rumahnya. Pasang kembali 4 baut pengikat, kemudian rapihkan panel cover di sekeliling head unit pada dasbor (Gbr.4). (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa