Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Ringan Toyota Yaris yang Bisa Dilakukan Sendiri

billy - Sabtu, 24 Maret 2012 | 14:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

BATERAI REMOTE KEYLESS-ENTRY

Bagi pemilik Yaris tipe S keluaran awal ada baiknya menyediakan cadangan baterai untuk remote keyless-entry. "Kalau energi di baterai habis, bisa dipastikan mesin tidak dapat di-starter, karena immobilizer tidak mampu lagi menerima atau tidak mendeteksi pancaran gelombang frekuensi dari remote," jelas Usman Adhie, Service Operation Manager Tunas Toyota Dewi Sartika, Jaktim.

Selanjutnya, Usman menjelaskan bahwa fungsi remote keyless-entry ini sebagai transmiter untuk memancarkan gelombang frekuensi ke sistem immobilizer di mobil. Jika baterai habis, indikator immobilizer pada panel spidometer akan hidup.

Baterai asli punya merek Maxell kode ukuran CR1616 dan voltase 3V. "Usia pakai baterai remote cukup lama kok, awet!," jelasnya mengacu buku manual, akan dijelaskan mengenai usia pemakaian baterai remote. "Cukup awet kok, lebih lama dibanding remote alarm model biasa yang lebih cepat ganti," tutup Usman.


BERSIHKAN FILTER AC

Hawa panas di kabin bukan berarti AC kehabisan freon. "Bisa saja filter AC-nya kotor, jadinya semburannya kecil," analisa Djuned sapaan akrab Djunaidy, ketua umum TYCI yang menyarankan filter AC cukup dibersihkan saja. Jaminannya bisa digunakan hingga lima kali pemakaian.

Membersihkannya cukup mudah, bisa dilakukan sendiri. Langkah pertama lepaskan filter AC yang ada dalam blower AC dibalik laci dasbor. Setelah dikeluarkan secara perlahan, kibaskan filter AC berulang kali di udara terbuka agar debu-debu halusnya jatuh. Setelah kotoran terbuang semua, rendam seluruh permukaan filter AC dalam air selama sepuluh menit.

"Direndam aja ya, enggak perlu dikucek," wanti Djuned menjelaskan langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengeringan hingga benar-benar kering cukup di udara terbuka. Bisa juga pakai hair dryer, asalkan memperhatikan jarak dan daya semburannya agar tidak merusak material filter AC.
Metode ini berlaku pada semua Yaris produksi 2007 hingga sekarang. Selamat mencoba. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa