Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Viscous Fan, Ganti Saja Kipas Elektrik

billy - Senin, 26 Maret 2012 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Siapkan switch electric fan Daihatsu Classy dan rumah switch dari pipa kuningan (kanan)
Besutan era ’90-an yang masih mengandalkan kipas pendingin mesin model viscous fan seperti Toyota Crown, BMW seri 520i atau Nissan Cefiro pasti pernah mengalami kendala seputar pendinginan mesin.

Lantaran pelumas kopling di dalam viscous sudah mulai encer atau sistem kopling bermasalah, putaran kipas untuk meniupkan udara dingin ke arah mesin saat suhu meninggi menjadi tidak maksimal.

Bisa terbayang harga unit viscous yang mulai langka di pasaran. Selain mahal, sebenarnya viscous fan sangat membebani putaran mesin. Ada cara sederhana dengan mengubah putaran kipas tadi menggunakan electric fan layaknya besutan anyar.

Putaran mesin menjadi enteng dan harganya mirip-mirip dengan membeli viscous baru. “Gunakan kipas elektrik milik Suzuki APV atau SX4 yang memiliki bilah kipas banyak,” papar Kusuma Jaya dari Jaya Auto Street di bilangan Cipulir, Jaksel.


Gunakan relay sebagai trigger switch electric fan agar setrum bisa tetap stabil, Pilihan kipas elektrik bisa gunakan merek Suzuki yang berkualitas bagus dan terjangkau 

Hanya saja perlu sedikit ubahan pada pipa radiator bawah untuk memasang switch (sensor) electric fan. Nantinya switch ini akan mengaktifkan kipas elektrik bila suhu atau panas mesin mencapai derajat yang diinginkan.

“Bisa pakai switch milik Daihatsu Classy yang memiliki default temperature 88°C dan harganya terjangkau,” terang Jaya, panggilan akrabnya. Memasangkan switch ini perlu media pipa kuningan diantara slang radiator sebagai rumah atau dudukan switch.

Nantinya switch akan melalui relay kaki 4 untuk kemudian disambung langsung ke kipas elektrik. “Relay hanya dipakai untuk trigger switch agar setrum ke kipas bisa stabil di ampere besar,” papar pria jangkung ini.

Memasangkan kipas elektrik perlu kesabaran karena viscous fan harus dilepas terlebih dulu. Nantinya viscous tak lagi dipakai. Usahakan posisi electric fan berada di tengah fan shroud (tudung kipas) agar udara yang tersedot kipas bisa direct ke arah mesin.

Kelebihan lain kipas milik Suzuki APV seharga Rp 750 ribu ini adalah kecepatan berputar (rpm) hingga 2 stage. “Bila suhu mesin semakin tinggi, putaran kipas pada stage 1 akan berputar lebih kencang ke stage 2,” papar Jaya lagi. Biaya pemasangan kipas elektrik ini diperkirakan sekitar Rp 1,7 juta. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa