Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Satu Penyebab Oli Mesin Suzuki Karimun Berkurang

billy - Kamis, 22 Maret 2012 | 17:06 WIB
Salah Satu Penyebab Oli Mesin Suzuki Karimun Berkurang
Salah Satu Penyebab Oli Mesin Suzuki Karimun Berkurang


Sewaktu marak kejadian fuel pump jebol dan berakibat langka di pasaran, Febri mengakalinya dengan memasang pompa bahan bakar mekanik alias membran.
 
Berhubung mesin Suzuki Karimun lansiran 2003 miliknya sama dengan bawaan Suzuki Katana yang memang masih memakai sistem membran, maka proses pemasangan peranti penyuplai bahan bakar ke karburator ini berjalan sukses.

Namun, setelah pemakaian lebih dari satu tahun, ada gejala yang aneh pada sistem pelumasan mesin.

 
"Oli mesin bisa habis hampir setengahnya dalam waktu sebulan," keluh Febri deg-degan.

Ternyata, solusi ‘menonaktifkan’ fuel pump dengan mengganti pakai membran berujung fatal.

 
"Bisa jadi katup membrannya sobek, jadi oli mesin yang melumasi rocker arm ikut tersedot," analisa Ronny Gunawan, Workshop Head Suzuki Pekanbaru, Riau.

Mekanik senior Suzuki ini lebih lanjut menjelaskan bahwa katup bensin dan katup oli dalam membran posisinya bersebelahan.

 
Menilik mekanismenya, sepasang katup ini bekerja dengan arah yang berlawanan.

Katup ini digerakan oleh daya balik diafragma untuk mendorong bahan bakar ke karburator. Diafragma digerakan oleh rocker arm yang juga digerakan oleh putaran nok camshaft.

Sewaktu nok camshaft berputar, maka rocker arm akan kembali ke posisi semula sehingga diafragma didorong ke atas oleh pegas.

 
Akibatnya bahan bakar terdorong melalui katup keluar dan terus mengalir ke karburator. Dalam keadaan seperti ini katup keluar terbuka dan katup masuk tertutup.

Jika karet membran mengalami kerusakan, maka oli yg menempel pada rocker arm ini juga akan tersedot.

 
Walaupun sedikit tapi jika dibiarkan akan berakibat bahan bakar yang telah bercampur oli akan memasuki karburator dan sebagian kembali masuk ke dalam tangki.

"Kalau sudah begini, bisa dibandingkan warna bensin di dalam tangki dengan bensin yang masih murni," ungkap Ronny meyakinkan warna bensin dalam tangki akan lebih keruh.

Gejala lain menurutnya, asap knalpot lebih mengepul dan berwarna putih, kemudian warna busi agak gosong kehitaman serta berminyak. "Untuk Karimun, pemasangan fuel pump bawaan aslinya (Genuine parts, red) akan lebih baik," tutupnya.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa