Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Back Door Damper Daihatsu Luxio & Gran Max, Pegas Lemah Bikin Gerah

billy - Senin, 5 Maret 2012 | 06:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pintu belakang model angkat Daihatsu Luxio maupun Gran Max Blind Van punya dimensi cukup besar. Sehingga untuk buka-tutupnya perlu dibantu dengan pegas sok atau damper supaya lebih mudah mengangkat pintunya. Namun jika pegasnya melemah, pastinya bakal bikin badan Anda ‘gerah’, lantaran perlu tenaga ekstra untuk mengangkat back door sampai ke posisi paling atas/tinggi.

Problem back door tidak dapat terangkat ke atas secara penuh ini, rupanya sudah pernah dialami beberapa personel Gran Max-Luxio Club Indonesia (Maxxio). Seperti Muhamad Ferry Kurniawan pada Gran Max miliknya.

Menurut Ferry Nos, sapaannya, umur pakai mobilnya saat itu baru genap setahun. "Problem back door tidak mau terangkat penuh memang terindikasi pada Gran Max atau Luxio keluaran tahun 2009 hingga sekarang. Sebab teman-teman sudah mengalaminya, terutama yang umur mobilnya menginjak setahun," ungkap pegawai swasta itu.

Indikasinya, pintu belakang yang berukuran lebar milik Gran Max Blind Van dan Luxio, jika dibuka hanya dapat terangkat 1/4 dari posisi terbuka penuh (Gbr.1).



Solusinya, harus diganti baru jika sudah tak berfungsi normal. Bila mobil masih dalam masa garansi, kondisi pegas pada damper back door yang melemah masih dapat diklaim secara free. Namun kalau sudah terhitung di luar jangka waktu guarantee, mesti membeli komponen baru seharga Rp 150 ribuan per buah (Daihatsu Genuine Parts) (Gbr.2).

Menurut Awaludin, kondisi pegas melemah mesti dicek level pressure-nya satu per satu, karena bisa saja salah satu komponen masih bagus (Gbr.3). “Jadi pemilik hanya perlu mengganti damper yang bermasalah saja dan dipastikan back door akan kembali normal," saran staf divisi sparepart Daihatsu Pondok Pinang, Jaksel ini.

(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa