Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kalau Mobil Terkena Petir (1), Cek Elektrikal

billy - Jumat, 17 Februari 2012 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Kemungkinan kejadian petir menyambar kendaraan, sepertinya tak ada prosedur penanganan secara khusus pada bengkel resmi. “Kebetulan, memang belum pernah ada kejadian betulan mobil tersambar petir yang kami tangani,” ujar Iwan Abdurahman dari divisi teknis PT Toyota Astra Motor, APM Toyota di Indonesia.

Namun, berdasarkan studi literatur yang pernah dilakukan Iwan, mobil tersambar petir biasanya memiliki bekas luka. “Biasanya ada bekas luka. Misalnya ada kabel atau sekring yang lumer, malah kalau sangat dahsyat, bisa membuat ban meledak,” lanjut Iwan, sapaan karibnya.

Kalaupun ada yang mengalami, pada umumnya bengkel resmi melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan. Namun menurut Iwan, kemungkinan kalau terkena petir atau rambatannya, bagian yang terserang adalah komponen elektrikal.

Jadi, misalnya keluhan audio tidak hidup, pasti dicek sekring dan jalur kabelnya akan adanya kemungkinan korsleting. Kemudian menganalisa berdasarkan cerita dari pemilik mobil, apakah ada kemungkianan ubahan pada kendaraan atau ada kejadian tertentu seperti tersambar petir ini.

Efek mobil tersambar petir langsung tentu akan jauh lebih besar efeknya ketimbang hanya mendapat imbas dari sambaran petir di dekat mobil. Seperti kejadian yang dialami Doni pada MPV andalannya. Kemungkinan yang tersambar petir adalah pohon mangga yang lebih tinggi. “Nah, rambatan petir itu kan ada medan magnet yang luar biasa besar. Bisa saja itu menimbulkan efek pada kelistrikan,” paparnya.

Untuk itu, Iwan kembali mengingatkan untuk sebisa mungkin mencari tempat parkir yang ideal. “Sebaiknya dekat dengan benda pejal yang lebih tinggi. Misalnya bangunan,” sarannya.  (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa