Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tata Cara Konvoi, Cermati Poin-Poin Penting (Bag.2)

billy - Selasa, 10 Januari 2012 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Pada edisi lalu telah diulas persiapan dan officer yang harus ada saat konvoi di jalan. Nah kali ini trik mengurangi kesalahan agar tidak berimbas pada kecelakaan fatal yang melibatkan peserta selama di jalan. “Berbagai hal kerap dilupakan, sehingga berpotensi menghambat kelancaran perjalanan. Berikut ini beberapa poin yang terkait do n don’t saat konvoi,” jelas Ir. Bintarto Agung, dari Indonesian Defensive Driving Center (IDDC).

Do's & Dont's
- Nyalakan lampu utama rendah (low beam head lights). Lakukan pengecekan radio komunikasi. Penggunaan

lampu strobe dan rotator tidak diperbolehkan kecuali oleh kendaraan pimpinan grup dari kepolisian.
- Dianjurkan meminta pengawalan dari Polisi bilamana peserta konvoi berjumlah besar yang diperkirakan akan mengganggu kelancaran pemakai lalu lintas.

- Jumlah kendaraan per group maksimal 12-15 kendaraan. Jika lebih buat kelompok baru. Disarankan untuk menggunakan frekuensi radio dengan jangkauan yang luas untuk konvoi lebih dari 10 mobil

- Berikan lampu sinyal lebih awal setiap akan melakukan gerakan berbelok atau pindah jalur. Grup harus selalu berada di jalur tengah untuk jalan utama atau bebas hambatan dengan 3 jalur atau lebih.

- Gunakan jarak antar kendaraan dalam grup minimal 2 detik untuk setiap kecepatan (yang tidak melebihi batas kecepatan yang diijinkan oleh peraturan).

- Seluruh peserta konvoi bertanggung jawab kepada kendaraan di belakangnya. Pastikan kendaraan di belakang selalu melihat dan waspada akan keberadaan kita. Selalu melihat dan dilihat.

- Apabila kendaraan di depan melakukan perlambatan, kita juga harus melakukan perlambatan (selalu cek spion secara berkala dan terus menerus).

No caption
No credit
No caption

- Apabila ada pengguna jalan lain (bukan anggota grup) akan masuk ke dalam iringan konvoi (karena sesuatu hal mendesak, kurang waspada, antisipasi karena adanya konvoi dan lainnya), segera berikan ruang untuk masuk. Kita masih mempunyai banyak waktu untuk melakukan penataan ulang grup (regrouping) kembali. Jangan arogan! Konvoi sipil bukan berarti akan mempunyai hak khusus dalam penggunaan jalan umum.

- Apabila konvoi terpecah, pimpinan grup atau RC segera mencari tempat aman dan selamat (safe place) untuk berhenti dan memberikan waktu bagi anggota konvoi yang terpecah untuk bergabung kembali (regrouping).

- Apabila pimpinan grup ataupun pengemudi anggota konvoi yang lain melihat keadaan yang mengharuskan konvoi untuk berhenti, komunikasikan pada kesempatan pertama melalui radio komunikasi untuk memberitahukan seluruh anggota konvoi dengan kata-kata : “braking” atau “stopping”. Hal ini juga untuk dapat memberikan waktu bereaksi dan antisipasi lebih baik bagi seluruh anggota konvoi (better overall reaction time).

- Apabila pimpinan grup melihat kendaraan berlawanan arah pada jalan yang sempit, segera beritahukan kepada anggota konvoi lain untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi melalui radio komunikasi.

- Menyalip (Passing) : Apabila terpaksa harus menyalip kendaraan atau beberapa kendaraan lain yang bergerak lebih lambat, harus dilakukan satu persatu. Jangan melakukan dengan seluruh anggota grup.

- Setelah grup menyelesaikan seluruh proses menyalip, lakukan penataan grup kembali melalui radio komunikasi.

- Jika kondisi hujan : tingkatkan jarak antar kendaraan konvoi antara 4 – 6 detik dengan kecepatan antara 40 – 50 km/jam atau sesuaikan dengan kondisi aktual saat berkendara. Dalam kondisi hujan lebat, pandangan pengemudi jauh berkurang sehingga potensi resiko meningkat tajam. Apabila pimpinan grup memutuskan untuk berhenti, beritahukan melalui radio segera dan nyalakan lampu sein panjang (lama) sampai semua kendaraan berhenti ditempat aman.

- Apabila RC salah berbelok, jangan melakukan gerakan membahayakan dengan melakukan perlambatan secara tiba-tiba atau berbelok tiba-tiba. Segera beritahukan melalui radio komunikasi dan cari tempat aman terdekat bagi seluruh anggota grup untuk dapat berputar atau mengoreksi arah kembali.

- Setiap pengemudi anggota grup diharuskan untuk mempelajari seluruh rute dan rencana perjalanan (itinerary) sebelum berangkat. Bersikap mental defensive dan berpikir jauh ke depan (use common sense), berkendara dengan berpikir seolah olah kita mengikuti rencana perjalanan dan peta kita sendiri, dari pada sebagai anggota konvoi

No caption
No credit
No caption

Effective Convoy Driving
Pengemudi konvoi harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan berkendara secara individual dan tidak sepenuhnya tergantung pada officer mamupun rombongan. “Hal ini bertujuan untuk membuat konvoi berjalan efektif, aman dan selamat,” tegas Ir. Bintarto Agung.

- Mempunyai ketrampilan berkendara yang benar. Serta memiliki pemahaman smart driving

- Mempunyai pengetahuan perihal teknik kendaraan dan cara perawatan kendaraan yang benar

- Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam merespon keadaan emergensi

- Memiliki pemahaman dalam mempelajari rute jalan, peta dan kondisi jalan

- Mempunyai sikap mental positif, defensive, cognitive, tidak mudah terprovokasi oleh keadaan diluar.

- Tidak dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan, beristirahat cukup sebelum berkendara dan tidak dalam keadaan fatique atau kelelahan.


Konvoi “checklist”
Pastikan perlengkapan berikut ini dibawa;
- Radio komunikasi/handy talky

- Cadangan batere dan charger

- Telepon selular

- Peta ataupun GPS

- Payung ataupun jas hujan

- Makanan dan minuman

Kendaraan;
- Cek kelayakan kendaraan yang akan digunakan secara menyeluruh

- Cek tekanan angin ban, oli mesin, oli transmisi dan cairan wiper

- Isi bahan bakar sebelum berangkat  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa