Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seluk Beluk Leasing, Jangan Terhipnotis Iklan Bombastis (Bag.1)

billy - Senin, 9 Januari 2012 | 08:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Promo mobil baru semakin hari kontennya tambah bombastis. OTOMOTIF beberapa kali menemukannya di deretan kolom iklan, bahkan sampai ke situs jual-beli online. Umumnya isi dari iklan tersebut menawarkan paket pembelian untuk beragam merek dan tipe terbaru, tanpa dikenakan bunga untuk cicilannya (0%) dengan jangka waktu kredit 2-4 tahun.

TAMBAHAN BIAYA
Namun dari semua iklan bombastis tadi, promo tersebut bukan digawangi authorized dealer, melainkan oleh pihak perorangan atau atas nama perusahaan tertentu. Guna memastikan kebenarannya kami langsung menyambangi salah satu perusahaan, dimana mereka menawarkan program kredit dengan bunga nol (0) persen, khususnya varian Toyota All new Avanza dan All Grand New Innova untuk semua tipe.

Setelah bertemu dengan Mr. K di kawasan bisnis daerah Kelapa Gading, Jakut, kami langsung disodori perhitungan dari program pembiayaan varian mobil anyar Toyota tadi.

Perhitungannya sebagai berikut. Total DP (TDP) yang harus dibayar di awal sebesar Rp 20 juta. Rp 5 juta sebagai booking fee mesti dibayarkan terlebih dulu, supaya pihak dealer penyedia unit kendaraan yang dipesan dapat segera mengeluarkan SPK (Surata Pemesanan Kendaraan). Sisanya yang Rp 15 juta, mesti dilunasi minimal 4 hari sebelum serah-terima mobil ke pembeli.

No caption
No credit
No caption

 Pihak authorized dealer juga akan dirugikan lantaran sisa DP yang semestinya mereka terima kemungkinan besar akan diselewengkan oknum penjual mobil seperti ini
Kecurigaan mulai timbul ketika calo leasing tadi mengatakan bahwa ada tambahan biaya untuk notaris dan administrasi sebesar Rp 6 juta, serta fasilitas asuransi all risk (komprehensif) sebesar Rp 22,5 juta. Sehingga total uang yang mesti dirogoh di awal pembayaran sebanyak Rp 48,5 juta.

Padahal jika mengacu pada model pembiayaan leasing resmi di setiap dealer authorized mobil, budget untuk fasilitas asuransi sudah dimasukkan dalam perhitungan kredit per bulannya, dan tidak dibebankan di awal pembayaran TDP seperti praktik kali ini.

Sementara perhitungan bunga nol persen (0%) yang dipresentasikan kepada kami terkesan sangat simpel. Sebagai ilustrasi, mobil yang dipesan adalah All New Avanza 1.3  G M/T seharga Rp 158 juta (sesuai price list dari Auto2000 per 1 Desember 2011), dengan masa tenor kredit sampai 4 tahun ke depan.

Perincian untuk besarnya angsuran sebagai berikut. Harga kendaraan Rp 158 juta setelah dikurangi TDP Rp 20 juta (di luar biaya notaris, administrasi dan asuransi), yaitu Rp 138 juta sebagai pokok hutang (PH) yang mesti dilunasi selama 4 tahun (48 bulan). Kemudian PH (Rp 138 juta) dibagi dengan tenor 48 bulan, sehingga beban angsuran per bulannya sebesar Rp 2,875 juta. Angka yang fantastis untuk membeli sebuah mobil baru.

 Menurut Mr. K, lembaga pembiayaan yang mengcover konsumen adalah leasing resmi Toyota. "Kami menyediakan leasing dari ACC (Astra Credit Company) dan TAF (Toyota Astra Finance)," tandas pria yang juga berprofesi sebagai sales di perusahaan yang kami datangi itu.


 Keabsahan perusahaan asuransi mesti jelas
Merasa ragu dengan pernyataan Mr. K tadi, kami langsung mengkonfirmasikan kondisi ini kepada pihak TAF. "Tidak ada promo semacam itu (bunga kredit nol persen), dan saya pastikan ini adalah tindakan oknum yang mengatasnamakan TAF sebagai lembaga pembiayaan rekanan mereka," yakin Wisnu Kusumawardana, GM Marketing PT Toyota Astra Finance Services (TAF) yang dihubungi melalui ponsel pribadinya beberapa waktu lalu.

Menurut Wisnu, praktik manipulasi oknum yang mengiklankan promo mobil baru secara bombastis ini, sebenarnya sudah ada sejak banyak bermunculannya varian mobil baru di 2008 lalu dan sampai sekarang.

Namun jika membandingkan perhitungan total yang dibikin oleh Mr. K dengan versi TAF, untuk harga mobil berikut tenor dan persentase DP yang sama, memang terdapat selisih cukup signifikan. Alhasil, tawaran Mr. K memang terbilang lebih rendah.

Jelas ini hanyalah perhitungan fiktif. Bisa dibuktikan dari keberadaan poin biaya asuransi dan administrasi sebesar Rp 6 juta, yang tidak wajar lantaran melampaui angka untuk booking fee mobil baru.

Bukti lainnya dapat dicermati dari besarnya rate bunga kredit. Bandingkan dengan leasing resmi ATPM seperti Adira Finance, BCA Finance dan TAF. Untuk premi asuransi selama 3 tahun yang berlaku saat ini di Adira Finance 39%, BCA Finance 22,6% (4 tahun) dan TAF sebesar 29,4% (4 tahun).   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa