Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Cooling Air Injection All New Daihatsu Xenia 1.0

billy - Minggu, 1 Januari 2012 | 10:29 WIB
Cooling Air Injection All New Daihatsu Xenia 1.0
Cooling Air Injection All New Daihatsu Xenia 1.0

JAKARTA - Tipe mesin EJ-DE 1.000 cc milik All New Daihatsu Xenia (ANEX), tidak ada bedanya dengan yang diboyong Xenia versi lama. Itu sebabnya pemilik Xenia generasi sebelumnya kasih kiat, untuk meningkatkan performa dapur pacu ANEX seceng dengan menambah porsi udara sehingga lebih bertenaga.

Seperti yang sudah dilakukan sebagian besar pemilik Xenia 1.0L, yang tergabung dalam komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC). "Karakter mesin 3 silindernya memang kurang bertenaga. Wajar memang, lantaran hanya dibekali kapasitas 1.000 cc," buka Derry Amanda, pembesut Xenia Li Deluxe VVTi tahun 2006 akhir ini.

Cooling Air Injection All New Daihatsu Xenia 1.0
Cooling Air Injection All New Daihatsu Xenia 1.0
Menurut personel AXIC bernomor keanggotaan 2545 ini, untuk mendongkrak performa besutannya tadi cukup bermodalkan alat bernama cooling air injection (Gbr.1). "Alat ini bisa langsung diaplikasi pada mesin All New Xenia 1.000 cc, karena tipenya sama persis dengan versi sebelumnya," yakin Derry.

 Fungsi utama cooling air injection, yang kerap diistilahkan CAI oleh members AXIC ini, tak lain untuk menambah pasokan udara segar sebelum terhisap ke ruang bakar.

CAI sebenarnya juga berperan buat menipu sensor pada ECU (Gbr.2), yang bertugas untuk mengatur porsi udara dan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Artinya, lanjut Derry, otak pengapian standar mobil tadi tetap membaca suplai udara secara normal, yang mengalir dari boks air filter melewati sensor ECU yang kemudian masuk ke intake.

Untuk itu, pemasangan alat ini diletakkan pada saluran masuk udara, setelah melewati sensor agar tak terdeteksi oleh ECU. Dengan menambah pipa pemisah leter T sebagai penghubung jalur masuk udara dari CAI (Gbr.3), aliran hawa segar otomatis akan bertambah seiring proses isap dari katup masuk.

Lantas ujung slang CAI yang diberi saringan debu untuk mencegah kotoran dari luar terhisap masuk, diletakkan di ujung kiri atas dekat appron (Gbr.4). Supaya tak mudah terkena air dan jauh dari rambatan hawa panas radiator. "Dampaknya sangat terasa seperti tarikan jadi lebih enteng, termasuk kemampuan menanjak di kemiringan curam menjadi lebih baik dari sebelumnya," kata Derry.  (mobil.otomotifnet.com)

AXIC : 08118880311

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa