Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelindung Radiator & Kondensor, Tambah Kawat Biar Tak Sekarat

billy - Sabtu, 24 Desember 2011 | 13:01 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Meskipun desain bemper All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia sudah berbeda dari versi terdahulu, calon pembesutnya sudah menyiapkan tips khusus melindungi kondensor dan radiator agar tak mudah sekarat. Caranya hanya perlu menambah kawat di bagian lubang ventilasi pada bemper depan.

Mengingat posisi lubang ventilasi menganga lebar tanpa pelindung dan berada tepat di depan kondensor AC dan radiator mobil (Gbr.1), akan memudahkan kerikil masuk ke celahnya yang dapat mengenai fin (sirip) atau slang di bagian tersebut.


Jika benturannya keras sangat mungkin menyebabkan kerusakan bahkan kebocoran. Seperti pernah dialami beberapa pengguna Avanza model terdahulu, yang tergabung di Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC). "Sudah ada beberapa kejadian serupa, radiator bocor karena terkena lemparan kerikil di jalan yang agak rusak," ungkap Rismansyah dari AXIC.

Supaya tak mudah tertembus batu maupun kerikil, gunakan kawat baja tahan karat alias kawat ram (Gbr.2). Dapat dibeli di sentra teknik seperti kawasan Glodok, Jakbar, dengan harga bervariatif mulai di bawah Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribuan per meter.

Menurut Risman yang sudah menerapkan di Avanza 2007 miliknya, penambahan kawat ram bisa dilakukan di All New Avanza maupun All New Xenia. "Sebelum dipasang di bagian dalam bemper depan, kawat ram mesti diukur dan dibikin sama dengan lubang ventilasinya (Gbr.3)," jelas pria dengan nomor keanggotaan 0024 ini.

Supaya mudah memasangnya, lanjut Risman, mesti membuka semua baut dan klip pengunci yang terdapat pada bemper yang menyatu dengan gril ini (Gbr.4). Setelah kawat ram terbentuk menyesuaikan lekuk dan dimensi dari lubang ventilasi, tempelkan dari balik bemper. Untuk penguncinya agar tak mudah copot, sebaiknya dibuatkan dudukan dari pelat besi model letter U dan ditempatkan menyatu dengan lubang klip pengunci di kanan-kiri lubang ventilasi tadi. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa