Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesialis Tools Mekanik Toyota, Sederhana Tapi Berguna

billy - Kamis, 15 Desember 2011 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Skills contest yang diadakan divisi technical service PT Toyota-Astra Motor (TAM), 26 November lalu, telah melahirkan beberapa peralatan bengkel (special tools). Ide penciptaannya memang sederhana namun sangat berguna, terutama untuk menunjang aktivitas servis berkala maupun general repair.  

Menurut I Ketut Widhyadnyana Parwatha, workshop head yang mengayomi kontestan dari perwakilan bengkel TAM Sudirman, Jakpus, melalui kontes semacam ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan bagi seluruh personel bengkel TAM.

Beberapa peralatan khusus sederhana seperti tabung penguras oli transmisi dan oli differential ciptaan Madji, pembuka klip brake shoe Toyota Avanza kreasi Pujiarto dan corong pencegah oli tumpah pada engine mounting Avanza yang diciptakan Ranto Zulhamzah.

Tabung penguras oli transmisi dan oli differential (Gbr.1) lebih diprioritaskan untuk proses ganti oli pada jenis mobil berpenggerak roda depan. "Karena posisi transmisi dan differential-nya berdekatan, maka pengurasan dan pengisian oli bisa dikerjakan bersamaan dengan menggunakan alat ini," jelas Ketut.


Klip brake shoe pada Avanza ternyata cukup menyulitkan mekanik, ketika hendak mengganti atau sekadar mencopot kampas rem untuk dibersihkan. Ide memodifikasi pembuka bagian klip brake shoe ini lantaran SST (special service tool) bawaan mobil tidak bisa digunakan secara optimal.

"Bagian celah yang ada pada tool standar Toyota tidak dapat masuk terlalu dalam. Sehingga pin-nya juga tidak dapat diputar, otomatis klip pengunci brake shoe tidak bisa dilepas. Dengan pembuka klip brake shoe yang sudah dimodifikasi (Gbr.2), proses mencopot kampas rem dari dudukannya bisa lebih mudah," papar Pujiarto, pencipta alat ini sekaligus juara untuk kategori Teknisi Servis Berkala.

Sedangkan alat sederhana berupa corong ini (Gbr.3) berfungsi untuk mencegah oli tercecer di bagian kolong mobil. Sebab saat mengganti saringan oli mesin, terutama jika tak hati-hati pada Avanza, sisa pelumas di dalam filter oli mudah tercecer ke beberapa komponen di sekitarnya.

Sehingga saat mobil dibawa pulang oleh pemilik, sisa oli kerap menetes di lantai garasi rumahnya dan membuat mereka khawatir terjadi kebocoran.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa