Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Mencuci Mobil, Cegah Karat Bagian Kolong

billy - Selasa, 6 Desember 2011 | 13:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Musim penghujan sudah tiba, walaupun intensitasnya masih tak menentu tapi cuaca dapat berubah secara cepat dari panas terik lalu tiba-tiba hujan deras. Pastinya hal ini cukup menjengkelkan jika mobil yang tadinya bersih jadi kotor mendadak.

Terlebih lagi bagian kolong mobil, tak mustahil karat bakal menyerang jika dibiarkan (tak lekas dicuci). Makanya selain bagian atas (bodi), kebersihan kolong pun perlu dijaga. “Kalau habis hujan-hujanan, mobil harus segera dicuci, terutama bagian kolong karena paling rawan timbul karat karena air hujan mengandung zat asam yang korosif,” ungkap Yudhie Kurnia.

Mahasiswa semester 5 jurusan Perumahsakitan Universitas Indonesia ini membagi tips seputar membersihkan kolong mobilnya. Pertama, siapkan peralatan cuci, mulai dari aneka ragam sikat, sabun colek atau sampo mobil dan lap chamois (Gbr.1). “Kalau untuk pelek lebih cocok gunakan sikat gigi halus karena tak merusak pelek,” jelas Yudhie.

Setelah peralatan siap, semprotkan air ke bagian kolong sampai kotoran atau pasir yang kering dapat melunak dan rontok (Gbr.2). Kemudian siapkan sikat, kebetulan Yudhie memakai sikat botol untuk menyikat kolong dengan memberi sabun colek untuk membersihkannya. Lalu sikat sampai berbusa dan bersih (Gbr.3).


Setelah bersih, siram lagi dengan air bersih dan lanjutkan membersihkan ban dan pelek. Untuk ban bisa pakai sikat cuci baju dan sabun colek. Untuk pelek, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan seluruh bagian pelek. “Kalau pelek cukup disikat saja tak perlu menggunakan sabun colek, karena dapat merusak permukaan cat pelek,” saran pria berkepala plontos ini.

Lili dari Sentosa Car Wash & Salon di bilangan Lubang Buaya, Jaktim memberikan tips tambahan. “Saat mencuci, perhatikan sela-sela mobil yang sulit dijangkau karena bagian itu lama-kelamaan bisa keropos jika tak dibersihkan,” ungkap wanita berambut panjang ini.

Sudah beres semua? Jangan lupa siram kembali dengan air bersih dan keringkan mengunakan lap chamois (Gbr.4). Kalau atas-bawah bersih, dijamin karat tak bakal hinggap. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa