Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Lampu Kabin LED Terang Lebih Jelas

billy - Senin, 21 November 2011 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Beberapa orang menganggap lampu kabin standar mobil kurang terang. Mungkin disebabkan lampu kabin bawaan mobil masih mengadopsi model bohlam. “Gampang kok, tinggal ganti aja bohlam standar lampu kabin dengan model LED, gue pilihnya warna putih agar lebih jelas,” tutur Aditya yang saat ini masih kuliah semester 3 di Unindra (Univ. Indraprasta PGRI).
No caption
No credit
No caption

Cukup banyak pilihan dan model lampu LED kabin, seperti pada SACS Speedglow yang bermarkas di Pondok Gede, Bekasi. “Untuk lampu LED kabin tersedia mulai 4 sampai 24 biji LED yang bernama Super Flux, lalu rentang harga mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 120 ribu,” ungkap Wira Santosa, sang empunya bengkel.

LED Super Flux termasuk model lama. Kini ada Plain LED yang baru hadir 2 bulan lalu. Banderolnya mulai dari Rp 150 sampai Rp 170 ribu. “Kalau yang jenis Plain LED lebih terang dan merata dibanding jenis Super Flux,” tambah Wira. Itu semua sudah lengkap dengan berbagai terminal konektor, karena tak setiap mobil sama (Gbr.1).

Kelebihan lampu LED cukup banyak. Salah satunya butuh daya lebih kecil, jika bohlam biasa sekitar 10 watt pada lampu LED hanya 1,2 watt. Cahaya yang dihasilkan pun jauh lebih terang (Gbr.2).


Mengaplikasinya cukup mudah kok, tinggal lepas mika lampu  dan bohlam kabin lampu kabin standar. Setelah itu siapkan LED kabin sesuai terminal standar bawaan mobil. Tinggal plek (Gbr.3).

Setelah itu gunakan double tape untuk merekatkan LED kabin pada tempatnya. Kemudian pasang kembali mika lampu kabin dan tes sudah menyala dengan baik atau belum. “Jika LED tidak nyala coba balik terminalnya,” ujar Wira dengan ramah (Gbr.4).

Kini urusan mencari barang atau membaca bukan persoalan sulit lagi, karena kabin sudah jauh lebih terang. “Pastinya sekarang mobil gue lebih bergaya dengan lampu ini,” tutup Adit yang ogah foto narsis bareng mobilnya (Gbr.5).   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa