Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Anti-Fog, Cegah Kabut Dan Maut

billy - Selasa, 15 November 2011 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Kondisi hujan lebat saat berkendara, kerap memicu terjadinya embun di kaca depan, akibat perbedaan suhu luar dan di dalam kabin. Parahnya jika kondisi AC mobil tak berfungsi normal lantaran lupa mengisi ulang freon, atau memang terjadi kerusakan pada sistem pendinginan interior tadi, dikhawatirkan bisa memicu kecelakaan maut lantaran pandangan terhalang kabut.

Pasalnya tak jarang pengemudi melakukan kebiasaan seperti mengelap kaca depan mobilnya, dalam posisi kendaraan sedang melaju kencang ketika hujan lebat. Hal ini sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain, lantaran konsentrasi terganggu akibat aktifitas tersebut.

Seperti pengakuan Setiawan, "Tidak hanya di saat hujan lebat, ketika gerimis pun kabut mudah muncul di kaca depan mobil saya, karena kaca pintu saya tutup hampir rapat supaya tidak kebasahan air hujan. Makanya saya selalu sedia kain handuk kecil buat membersihkan embun di kaca depan," ungkap pemilik Toyota Kijang KF20 (Kijang Doyok) tahun 1985 ini.

"Sebenarnya penggunaan cairan anti-kabut ini juga bisa dipakai pada mobil yang sering mengalami efek pengembunan di kaca depan mobilnya. Bisa karena AC yang terlalu dingin sehingga memicu terjadinya embun, atau lantaran freonnya sudah habis sehingga hawa di kabin lebih hangat ketimbang di lua" jelas Tjahja Tandjung, Marketing & Bussiness Development Manager TODA.


 Cukup dioleskan ke seluruh permukaan kaca bagian dalam tanpa perlu dibersihkan 
Jika Anda sedang berkendara sendirian dalam kondisi hujan lebat, sementara suhu AC dibikin lebih dingin dari kondisi di luar kabin, tidak jarang memicu terjadinya kabut atau embun di kaca bagian dalam mobil. Dalam kondisi AC yang terlalu dingin, mengemudi juga tak bakal nyaman karena tubuh merasa kedinginan. Hal ini juga bisa memicu gejala kram, kaku atau kesemutan pada bagian tertentu tubuh Anda, dan ini juga sangat berbahaya sekali.

Untuk menghindari terjadinya kabut atau embun di kaca mobil, dan agar perjalanan bisa lebih aman, sebaiknya menyiapkan cairan anti-kabut di musim penghujan seperti sekarang ini. Fungsi cairan anti-fog ini tak lain untuk menahan timbulnya kabut atau embun, akibat perbedaan suhu di dalam dan luar kabin.

Cara pakainya cukup dioleskan pada seluruh permukaan kaca mobil bagian dalam, menggunakan kain lap bersih dengan porsi secukupnya. "Usahakan tidak berlebihan menggunakan cairan anti kabutnya, supaya tidak banyak menetes ke dasbor atau bagian interior yang lain," saran Tjahja. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa