Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daytime Runing Light Cover Custom, Berkelas Ala E-Class

billy - Jumat, 11 November 2011 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Bak mobil-mobil Eropa macam Audi, Mercedes-Benz dan BMW yang sudah mengaplikasi DRL (Daytime Running Light) sebagai penerang tambahan standar di depan, belakangan ini lampu jenis LED tersebut mulai banyak diaplikasi ke mobil-mobil lain di Indonesia. Apalagi produk DRL aftermarket sudah cukup banyak di pasaran.

Tapi sayang, kebanyakan otomania memasangnya masih sembarangan. Contoh ditempel di radiator grille, bawah bumper atau lokasi dimana dapat menyelipkan DRL yang kini mempunyai bentuk dan model beragam ini. "Tapi jadi kelihatan kurang bagus, enggak elegan gitu," tutur Edi.

Pemilik bengkel mobil Auto 81 ini pun akhirnya berkreasi. Ia merancang lampu DRL yang dipasang di cover atau garnish meniru Mercedes-Benz E-Class (terutama versi sedan 2010 atau coupe 2011). "Jadinya lebih rapih dan elegan kayak E-Class," tutur pria yang buka workshop di Kedoya Raya No. 7, Jakbar ini (Gbr. 1).

Idenya sederhana, pria 30 tahun ini hanya meng-custom lampu DRL yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai bentuk (I atau L-shape) pada sebuah cover yang dirancangnya sendiri (Gbr. 2). "Braketnya dari pelat, lalu jaring-jaring saya bikin dari aluminium dengan lis dari dempul," ungkapnya.


Karena cover tersebut dipasang di lubang foglamp, otomatis syarat utama adalah bumper mobil yang punya lubang lampu kabut. "Bentuk apapun kita bisa bikinin yang penting ada lubang foglamp-nya," bilang Edi yang telah memasang kreasinya ini pada Mitsubishi Galant, Toyota Corona Absolute, All-New Corolla, Peugeot 406, Suzuki Baleno Next G, BMW 318i dan lainnya (Gbr. 3). 

Sedangkan jalur kelistrikannya, mengandalkan sambungan kabel dan soket asli dari lampu DRL-nya (Gbr. 4). "Mau nyalanya ngikut lampu senja atau on terus saat mesin nyala bisa kita pasangin," imbuh pebengkel yang juga menerima body repair ini.

Nah buat yang berminat, kreasinya ini sudah dipasarkan untuk umum. Edi mematok banderol Rp 600 ribu perset sudah termasuk DRL dan pasang. "Mau pake DRL bentuk apapun terserah konsumen. Karena custom, pengerjaan butuh waktu 2 hari," beber pria asal Bangka Belitung ini.

Mau berkelas?   (mobil.otomotifnet.com)

Auto 82
021-93399881 / 0813-88928118

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa