Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Kondisi Mobkas Berdasarkan Usia

billy - Kamis, 13 Oktober 2011 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Bagi Anda yang berniat meminang mobkas berusia satu tahun atau 20 ribu km (bisa dilihat di odometer) bisa dilakukan ragam cek berikut ini. Umumnya kaki-kaki masih sehat kecuali bila memang dari awalnya kendaraan itu bermasalah. Selanjutnya, bisa Anda cek jadwal penggantian pelumas mesin, transmisi, gardan, saringan udara, minyak rem dan busi.

Sementara itu untuk usia tiga tahun, atau biasa dealer resmi mematoknya 60 ribu km, biasanya kondisi mobkas sudah lebih banyak yang harus dicermati. Sebut saja V-belt, coolant radiator, hingga kembangan ban. Maklum saja, tidak sedikit ruas jalan yang rusak di daerah Anda bukan? Perlu mendapat perhatian karena kecelakaan akibat ban lantaran memaksakan karet bundar itu bekerja meskipun sudah tidak layak. “Kalau engine mounting tergantung dari pemakaian mobil dan jalan yang dilalui,” jelas Usman Adie, Service Manager Tunas Toyota.

Nah, berikutnya adalah kendaraan yang sudah berumur 10 tahun atau 200 ribu km. Kendaraan jenis ini seperti Suzuki Karimun (model kotak), Hyundai Atoz, dan Toyota Kijang (kapsul). Untuk jarak tempuh tersebut memang sebaiknya pemeriksaan secara menyeluruh. Mulai dari kaki-kaki, kelistrikan, hingga mesin.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa