Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.6), Pilihan Pelumas

billy - Kamis, 13 Oktober 2011 | 13:03 WIB
Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.6), Pilihan Pelumas
Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.6), Pilihan Pelumas

Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.6), Pilihan Pelumas
Refresh Kabin Toyota Avanza Lawas (Bag.6), Pilihan Pelumas
Jakarta - Bagi pemilik Toyota Avanza keluaran awal yang umurnya lebih dari 5 tahun, pasti komponenya sudah banyak yang mengalami keausan. Efeknya tentu pada kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Perawatan dan pergantian adalah solusinya. Enggak hanya komponen mesin dan kaki-kaki, bagian bodi dan interior juga perlu mengalami penyegaran. Nah, apa-apa saja yang perlu dibenahi?

Pilihan Pelumas

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bisa dibilang raja di pasaran Tanah Air. Semester awal 2011 ini saja penjualan Avanza sudah lebih dari 85 ribu unit, sedangkan Xenia membukukan penjualan lebih dari 13 ribu unit. Dengan luasnya pangsa pasar ini, penting mengupas perawatan rutin dari mobil sejuta umat ini.

Si kembar Avanza dan Xenia, mempunyai sisi perawatan yang sama baik dari rutinitas penggantian oli mesin, girboks dan gardan. Dari sisi dapur pacu, Avanza memiliki 2 pilihan mesin 1.300 dan 1.500 cc sedangkan untuk Xenia varian mesinnya 1.000 dan 1.300 cc.

Namun spesifikasi oli sedikit berbeda. “Berdasarkan API Servicenya, Daihatsu Xenia memakai API service berkode SL dengan SAE 10W-40 memakai oli Genuine Daihatsu,” ujar Lukman, kepala bengkel Daihatsu Mampang Jaksel.

Lain hal dengan Avanza, API Servicenya berkode SM memakai TMO (Toyota Motor Oil), “Avanza memerlukan 4 liter oli pada setiap pergantiaannya dan menjadi 4,5 liter bila mengikutsertakan penggantian filter oli,” ujar Anto, sapaan karib Dwi Aprianto W.

Yakobus, service operation Nasmoco Semarang. Sementara itu, “Untuk Oli girboks dan gardan, Xenia ini memakai API Service GL5 dengan SAE 80W-90,” ujar Lukman. Hal ini diamini Tjahja Tandjung dari toko oli Toda Kelapa Gading, Jakut.

Selain oli mesin standar, ada banyak pelumas aftermarket yang beredar di pasaran seperti Shell, Castrol, Total, Motul, Mobil 1, Pertamina, Petronas dan Top 1. “Untuk Avanza dan Xenia, pelumas yang biasanya dipakai SAE 1OW-40” ujar Tjahja.

Semakin kecil angka SAEnya berati semakin encer oli tersebut. Dengan pelumas semakin encer maka semakin irit pula bahan bakarnya. “Standar pabrikan untuk mobil keluaran 2000 sampai 2001 sudah harus memakai pelumas dengan SAE 5W-40 atau 10W-40” tutur Husni dari Cakra Motor di Duta Mas Fatmawati lantai dasar ini.

Dikarenakan teknologi mesin Avanza sekarang sekarang sudah cukup canggih, maka membutuhkan oli yang lebih encer seperti SAE 5W-30 dan 10W-40, “Untuk Avanza dan Xenia umumnya memakai pelumas dengan SAE 10W-40 karena lebih terjangkau dan gampang di dapatkan di pusat-pusat oli terdekat” tutur Tjahja. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa