Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Aksesori Honda Fit di Honda Jazz

billy - Senin, 3 Oktober 2011 | 15:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Head unit Honda Fit yang menyatu dengan dashbor, terlihat lebih rapi dan futuristis.
JAKARTA - “Honda Jazz terkenal dengan peranti aftermarketnya yang sangat beragam, berbagai aliran modifikasi juga bisa dianut oleh pemilik Jazz,” kata Iwan salah satu member Jazz Fit Club, komunitas pemilik Honda Jazz dan Fit.

Salah satu aliran dress up yang dilakukan oleh para anggota JFC adalah mengubah Jazz (GE) menjadi Fit (GE). Caranya dengan memasang berbagai parts dan aksesori yang jamak ditemukan pada Honda Fit yang kebanyakan beredar di Jepang untuk dipasang pada Honda Jazz.

Honda Fit standarnya dilengkapi dengan head unit yang menyatu dengan dasbor, sehingga memiliki tampilan yang lebih rapi dan futuristis. Sedangkan Honda Jazz versi lokal hanya menggunakan head unit 2 DIN. Untuk mendapatkan head unit Fit, maka harus dilakukan perburuan hingga keluar negeri.

“Biasanya di Singapura atau Thailand ada yang menjual aksesori bekas Fit, namun populasinya sangat langka. Atau kalau mau tersedia juga aksesori yang baru, tapi biasanya harganya sangat mahal,” ungkap Iwan.


Siapa yang menyangka kalau ini adalah transmisi otomatis, bentuk tuasnya mirip transmisi manual, dengan tombol diatasnya.
Sedangkan untuk pemasangan sendiri sangat mudah, karena semua dudukan sama persis. Cukup melepas baut pada bagian bawah cover, selebihnya hanya melepas kancing yang mengunci cover head unit dengan dasbor.

“Tidak perlu membongkar dasbor, dan tidak perlu mengubah dudukan, karena semuanya sama, mulai dari baut hingga kancingnya,” lanjut iwan. Sekadar informasi, head unit Honda Fit dijual sekitar Rp 3,5 hingga Rp 5 jutaan.

Satu lagi yang bisa ditiru dari member JFC ini adalah pemasangan shift knob Spoon pada Jazz GE yang bertransmisi otomatis. Uniknya shif knob Spoon ini bentuknya mirip dengan shift knob untuk transmisi manual. “Shift knob ini memang untuk transmisi matik, karena terdapat tombol di atasnya, walaupun bentuknya mirip dengan shift knob manual,” ujar Iwan.

Agar mirip dengan transmisi manual, maka Iwan juga memasang kover tuas, sehingga terlihat menjadi seperti transmisi manual.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa