Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Switch Remote Di Setir, Kerak Lengket Biang Seret

billy - Sabtu, 24 September 2011 | 11:03 WIB
Switch Remote Setir, Kerak Lengket Biang Seret
Switch Remote Setir, Kerak Lengket Biang Seret

Otomotifnet.com - Remote control pada lingkar setir pada beberapa varian mobil baru berguna untuk memudahkan kontrol audio, tanpa perlu repot menjulurkan tangan ke panel head unit saat berkendara.

Tapi jika bagian switch pernah terkena cairan mengandung gula dan sejenisnya, kerak yang mengering di sela-sela tombol akan mengakibatkan gerakannya terasa lengket atau seret (Gbr.1).

Seperti yang pernah dialami Doni, pembesut Toyota Vios 2010 ini.

"Switch remote setir mesti ditekan agak dalam, karena kalau sekadar ditekan tanpa tenaga, kerja fungsi kontrolnya lambat," ungkap akademisi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti di daerah Bintaro, Jaksel.

Saran Aedy, service manager Tunas Toyota Kebayoran Lama, Jaksel, perlu membersihkan bagian switch pada remote setirnya. "Kalau tidak segera dibersihkan takutnya gerakan tombol makin seret, dan akan menyulitkan buat memindahkan menu atau mengatur level volume audio remote setir," beber pria kalem ini.

 Cara membersihkannya, lanjut Aedy, mesti mencopot panel switch terlebih dulu dari dudukannya. Gunakan kunci pembuka baut L untuk melepas panel tengah setir, kemudian buka baut rumah switch pakai obeng kembang (Gbr.2).

Switch Remote Setir, Kerak Lengket Biang Seret
Switch Remote Setir, Kerak Lengket Biang Seret

Untuk mengurai bagian tombol dengan PCB-nya, buka semua baut pengunci pakai obeng kembang. Setelah terurai pisahkan switch yang dapat dilepas untuk dibersihkan, cermati semua permukaan samping untuk memastikan bagian mana saja yang kedapatan bercak kerak yang masih lengket.

 Semprotkan cairan penetran ke semua celah yang terdapat pada rumah switch, termasuk bagian dinding lubang tempat tombol pengatur (Gbr.3) yang dapat diurai secara terpisah.

Jangan lupa melumasi batang penonjok switch dengan contact point pada PCB pakai gemuk atau grease (Gbr.4). Supaya memudahkan pengoperasian tombol pengatur remote setir, tanpa perlu menekan lebih dalam.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa