Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Central Door Lock Toyota Avanza, Cegah Kantong Jebol

billy - Rabu, 21 September 2011 | 12:03 WIB
Central Door Lock Toyota Avanza, "Pistol" Cegah Kantong Jebol
Central Door Lock Toyota Avanza, "Pistol" Cegah Kantong Jebol

JAKARTA - Andi, sebut saja begitu, tak bisa membuka pintu saat central door lock Toyota Avanza 2005 miliknya sudah terdengar aktif. Padahal semua pintu yang lain bisa dibuka. 
 
Setelah dicermati ternyata kunci pintu depan kiri di sisi yang didudukinya  tidak terangkat meski tuas pengunci di pintu utama sudah dinaik turunkan.
 
"Itu lantaran motor penggerak tuas penguncinya sudah rusak. Biasanya karena umur," terang Rudy Hansen dari Otomotif Service Station (OSS) di Jakarta.

Mengatasinya mau tidak mau harus diganti baru. Tapi kalau beli produk asli harganya relatif mahal. Paling enggak harus siap dana Rp 250 ribu per buah.

 
"Itu juga pakai yang copotan. Kalau beli baru harus satu set, harganya sekitar Rp 800 ribuan," tambah pria asli Jakarta ini. Wah bisa bikin kantong jebol dong...
Central Door Lock Toyota Avanza, "Pistol" Cegah Kantong Jebol
Central Door Lock Toyota Avanza, "Pistol" Cegah Kantong Jebol
Tapi jangan takut ada versi hematnya, Rudy mau berbagi buat pembaca. Yaitu dengan menggunakan motor aftermarket. Harganya cuma Rp 70 ribuan sudah berikut pasang.
 
"Tapi modelnya beda, produk aftermarket bentuknya mirip 'pistol', sedang yang bawaan mobil kotak (Gbr.1). Makanya butuh trik khusus memasangnya."

Lagi-lagi Rudi mau berbagi cara memasangnya. Langkah pertama tentu lepas trim pintu dari dudukkannya. Caranya dengan membuka dua baut pengikat di pegangan dan tuas pembuka pintu.

 
Lalu lepas rumah kunci yang ada di dalam pintu dengan membuka 2 baut pakai kunci sok 10 mm. Serta 3 baut pakai obeng kembang di sisi pengait (Gbr.2). "Keluarkan rumah kunci beserta kawat penghubungnya dari dalam pintu."

 Lalu hubungkan kawat penghubung bawaan pistol dengan kawat yang menuju ke tuas pengunci. Pastikan posisinya pas dan tekuk kawat sesuai kebutuhan.

 
Sambung dengan menggunakan pengikat yang tersedia (Gbr.3). Gunakan obeng kembang buat mengencangkannya.

Lalu masukan kembali rangkaian tadi ke dalam rongga pintu. Pasang kembali semua yang dilepas tadi kedudukannya.

 
Karena bentuk dan ukurannya berbeda, buat dudukan baru untuk 'pistol' di bodi rangka bagian dalam (Gbr.4). Buat lubang dengan menggunakan bor di rangka bodi sesuai lubang baut yang ada di 'pistol'.Pasang dan kencangkan.

Selanjutnya sambung kabel dan coba aktifkan dengan menaik turunkan tuas pengunci di pintu kanan. Kalau tidak berfungsi berarti kabel terbalik memasangnya.

 
Rapikan kembali trim pintu yang dibuka. Caranya kebalikan membuka.

Gampangkan!   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa