Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menakar Biaya Modifikasi All New Toyota Corolla 1.6 1997, Menawan Dengan Pelek Copotan

billy - Minggu, 11 September 2011 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Toyota All New Corolla tahun 1997 milik Adityo Astorenggo ini memang masih sangat terawat. “Tangan pertama dari baru nih!,” ujarnya. Namun itu tak melunturkan hasrat memodifikasi mobil kesayangannya ini. “Yang penting kencang, tapi masih bisa dipakai harian,” ujar pria 32 tahun ini. Beruntung kakaknya, Bagong, adalah pemain lama di dunia modifikasi mobil. “Supaya nggak salah pilih barang,” ujarnya.

Nah, pertama yang dilakukan adalah mengganti pelek standar dengan Enkei WRC Spirit 15” berikut ban Advan Neova total biaya Rp 17 juta. Lalu untuk suspensi coilover TRD Rp 7,5 juta, “Nyopot dari mobil balap temen gue nih,” bilangnya.

Sementara itu untuk mesin, Bagong menggunakan trik pakai blok 7AG yang berkapasitas 1.800 cc dan headnya 4AG-E. “Tenaganya enak banget,” bilangnya. Apalagi Dastek Unichip Q+ yang dibelinya seharga Rp 3,5 juta bisa semakin menambah kencang mobil. “Untuk mesin saja, gue habis sekitar Rp 20 jutaan,” bilang Adit. O ya, untuk sistem gas buangnya Adit pakai lansiran TOM’S seharga Rp 5 juta.


Berikutnya untuk menyalurkan tenaga yang sudah cukup besar, Bagong menyarankan kopling setnya pakai full TRD. “Belinya waktu itu Rp 6 juta,” ucap pengusaha yang juga lulusan sarjana ekonomi ini. Lanjutnya, quick shift TRD yang dibeli dalam kondisi baru seharga Rp 3,5 juta ini terbukti membuat perpindahan gigi semakin cepat. Tidak ketinggalan strutbar Cusco yang dibelinya dalam kondisi bekas seharga Rp 1,8 juta, ikut terpasang rapi di ruang mesin. Kemudian agar lebih stabil, stabilizer TRD Rp 4,5 juta ikut dipasang di bagian belakang.

Nah, melirik ke interior, Adit memasang jok Recaro SR3 yang dibelinya seharga Rp 6,5 juta, lalu shift knob TRD Rp 1 juta, dan lingkar kemudi Nardi berbanderol Rp 3,7 juta.

Tidak ketinggalan, pada bagian eksterior, Adit hanya mengganti gril asli dengan gril yang dibelinya seharga Rp 400 ribu dan sidelamp berbanderol Rp 400 ribu. Enough?   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa