Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Nissan March Mengacu Pada Nismo

billy - Selasa, 6 September 2011 | 10:03 WIB

Otomotifnet.com - Jajaran Nissan March yang beredar di Tanah Air, ada varian yang berjiwa sporti, yaitu Nissan March Nismo Edition.

Memiliki basis yang sama dengan tipe manual, namun sudah dibekali beberapa peranti yang mampu meningkatkan performanya, baik dari segi manuverabilitas maupun tampilannya.

Apa saja perbedaannya? Lantas aftermarket apa yang bisa digunakan untuk mengacu pada Nissan March Nismo itu?

Suspensi Mirip Livina
Nismo merupakan kepanjangan dari Nissan Motorsport International Limited, divisi motorsport dan performa dari Nissan Motor Company, Jepang.

Jadi memang tugasnya membuat perangkat peningkat performa agar tiap varian Nissan memiliki kemampuan melebihi kapasitas standarnya.

Nah Nissan March pun mendapat sentuhan dari divisi ‘adu ngebut' ini. Meski memang aplikasinya masih bisa digunakan untuk sehari-hari.

Berbagai peranti itu, meliputi set suspensi, kampas rem, aero kit, serta muffler dan ada gimmick berupa stiker Nismo yang melekat di tubuh hatchback 1.200 cc itu.

Secara utuh dan komplet sudah terpasang peranti tersebut, Nissan March Nismo Edition dilego Rp 161,8 juta (on the road, Jakarta). Tetapi, komponen tersebut juga dijual secara retail (lihat tabel).

Nah, jika ingin upgrade March Anda, bisa juga memakai parts aftermarket yang tersedia di pasaran.

Seperti aero kit, ada yang dijual Rp 5,25 juta di Automania di kawasan Cempaka Mas, Jakpus. Begitu pun produksi dari OtoSpoiler di kawasan Kemayoran yang melego dengan harga Rp 1,4 juta per setnya.

Sementara suspensi, agak unik peranti yang digunakan oleh Nissan March ini. "Ulir pada per belakangnya, tidak seperti per progressive biasa, yang kedua ujungnya kecil dan tengahnya berdiameter besar," ujar Hendricus Darmawan Sutanto dari Hotbits Indonesia, di kawasan Duri Kepa, Jakbar.

Menurutnya, kalau dudukan sokbreker belakang sama persis dengan Nissan Livina. Sementara di depan, mangkuk per March lebih kecil dibanding Livina.

"Begitu pun upper mountnya, ada perbedaan," tuturnya. Jadi, untuk depan, perlu menggunakan per tipe coil-over yang relatif ulirnya kecil agar pas dengan mangkuknya. Untuk set sokbreker ini, Hotbits menjual Rp 4,5 juta per set (Nissan Livina).

Sementara stiker, tentu versi aslinya menggunakan model cetak, sementara di pasaran model cutting sticker, "Di pasaran rata-rata dijual Rp 500 ribu," ungkap Sonny pengguna Nissan March yang aktif di klub March-I (Nissan March Club Indonesia). Ayo upgrade!.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa