Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Head Unit Nissan March, Melengking Dengan Single DIN

billy - Senin, 12 September 2011 | 07:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomotifnet.com - Bagi kalangan pehobi sound quality (SQ), mengganti head unit standar dengan versi single DIN, dianggap lebih baik ketimbang menggunakan tipe double DIN.

Seperti Benny, pemilik Nissan March 2011 ini, berencana mengupgrade audio bawaan mobil pakai tipe 1-DIN agar kualitas suara lebih melengking. 


Namun Benny sempat sanksi, apakah ada yang menyediakan paket upgrade pakai tipe single DIN, sebagai pengganti head unit March kesayangannya itu.

Pasalnya, Ia banyak melihat ubahan pada besutan city hatchback ini, dengan mengandalkan monitor dobel DIN sebagai komponen pengganti.

"Kebanyakan sudah dijual satu set dengan casing-nya, mirip bawaan asli mobil," ungkap pria humoris ini.

Pertanyaan Benny tadi bisa diwujudkan, lantaran saat ini sudah ada beberapa instalatur car audio yang menawarkan paket ubahan pakai head unit single CD.

Seperti Ahong dari rumah audio Prisma Autosound (PA) di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 32G, Arteri Pondok Indah, Jaksel.

"Saya sudah beberapa kali melakukan upgrade head unit pakai single DIN, di beberapa Nissan March konsumen yang lebih memilih aliran SQ atau SQL ketimbang hiburan pakai monitor double DIN," promosi Hong, sapaan instalatur PA ini.

Sebelumnya mesti menyiapkan panel casing head unit pengganti, lantaran bawaan hatchback yang dinobatkan sebagai Car of The Year 2011 oleh OTOMOTIF ini tidak bisa dicopot karena sudah dibikin paten (Gbr.1).

Menurut Hong, panel pengganti bisa dibeli di tempatnya dengan banderol Rp 1 juta, belum termasuk ongkos pemasangan. "Tapi pilihannya enggak banyak, karena saat ini baru tersedia warna hitam saja," tandas pembesut Honda New Jazz ini.

Mencopot head unit standar dari rumahnya, buka terlebih dulu empat baut di kanan-kiri bodinya (Gbr.2). Melepas dari dudukannya perlu menarik bodinya agak ke atas sedikit, untuk mengindari kerusakan di panel casing AC.

Setelah semua kabel audio terlepas, hubungkan dengan kabel head unit pengganti sesuai soket yang tersedia (Gbr.3). Kemudian pasang kembali menggunakan slot head unit sebagai rumah barunya. Setelah itu baru bisa dipasang frame pengganti pada dudukan casing standar (Gbr.4).

"Lama pemasangan frame dan head unit sekitar 2 jam, ongkos pengerjaan cuma Rp 150 ribu tergantung tipe head unitnya," kata Hong menambahkan.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa