Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Pasang Bohlam Lampu Mobil, Harus Sesuai Standarnya

billy - Rabu, 17 Agustus 2011 | 11:08 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Mengganti bohlam lampu utama mobil dengan spesifikasi yang lebih mumpuni, seperti bohlam halogen, maupun HID tidak boleh dilakukan secara sembarangan. “Bohlam lampu HID memiliki harga yang tidak murah, dan spesifikasinya juga cukup beragam. Maka perlu treatment khusus dan tidak boleh asal pasang,” buka Kelvin Aliwarga, pemilik workshop Delapan Satu spesialis HID, di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Penggantian bohlam lampu harus sesuai spesifikasi standarnya, maksudnya jika standarnya memiliki spek H4, maka bohlam penggantinya juga harus yang H4,” ujar Kelvin. Terlebih untuk replacement bohlam standar dengan bohlam HID yang memiliki spesifikasi lebih terang, maka pemasangan harus sesuai dengan dudukannya, dan harus presisi. Karena banyak pemilik mobil yang memaksakan pemasangan bohlam HID tetapi tidak sesuai dudukannya.

“Misal bohlam standarnya H1, tetapi pemilik mobil justru memasang bohlam H7. Meskipun dudukannya mirip, namun karena spesifikasinya tidak sesuai sehingga titik fokus lampu jadi meleset,” beber Kelvin. Walaupun nyala lampu tetap terlihat terang, namun karena nyala lampu tidak fokus maka padangan pengemudi dimalam hari jadi tidak lelusa. “Titik antara gelap dan terang menjadi tidak jelas, bagian yang seharusnya terang justru jadi gelap, begitupun sebaliknya” ungkap pria enerjik ini.

Dalam hal pemasangan juga menjadi faktor yang krusial, walaupun spesifikasi lampu sudah sesuai. “Pemasangannya meleset sedikit saja, fokus cahaya lampu bisa berantakan, maka pemasangan bohlam harus presisi,” ujar Dedi, dari Autovision. Untuk beberapa mobil terutama yang berukuran kompak, penggantian bohlam harus dengan melepas batok lampu, karena posisi lubang lampu yang sulit dijangkau. “Sebaiknya untuk penggantian bohlam lampu HID diserahkan pada workshop yang khusus menangani lampu HID,” lanjut Kelvin.
    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa