Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Hilangkan Limbung Mitsubishi Pajero Sport, Pasang Underbrace

Billy - Minggu, 17 Juli 2011 | 12:04 WIB

Otomotifnet.com - Pajero Sport memang banyak diakui sebagai SUV dengan tampilan macho. Tetapi, seperti dikeluhkan oleh Jimmy, pengguna SUV dari Mitsubishi itu, ada hal yang masih menggelitik, yaitu ayunan suspensinya.

“Kalau berbelok terasa limbung,” ujarnya. Wah, tak perlu khawatir, sekarang bisa diatasi dengan tambahan di sektor kaki-kaki.

“Pasang underbrace, langsung diam enggak limbung,” ungkap Indra Joseph dari OptimaX Energy di kawasan Jl. Abdurrahman Saleh, Bandung, Jabar.

Tetapi tak perlu pusing, gejala oleng ini ada solusinya dengan tambahan dibuat lebih rigid saja, tetapi perangkat suspensi lain seperti sokbreker dan per masih dibiarkan standar.

Tambahan tersebut berupa batang-batang yang diikat pada sasis. Fungsinya untuk membuat batang sasis kiri dan kanan lebih rigid. “Mirip strut bar, tetapi di bagian kolong mobil,” tukas ayah dua anak itu.

Batang-batang tersebut, diikat menggunakan baut-baut yang sudah ada di tunggangan. “Enggak perlu mengebor satu titik pun,” jelasnya. Ada empat buah bagian batang yang bisa diaplikasi di kolong Mitsubishi Pajero Sport ini.

Di bagian depan, disematkan batang besi melintang di antara lengan ayun kiri dan kanan, disebut camber bar. Lantas di bagian tengahnya dipasang 2 mid bar, 4 titik dan 2 titik.

Pada batang 4 titik ini, terpasang pada baut cross-member di depan yang menyatu dengan dudukan lengan ayun, juga dua lagi terpasang pada baut yang juga sebagai dudukan girboks.

Meski batang ini tidak bersentuhan dengan cross-membernya, hanya menumpang pada lubang bautnya saja. 

Kemudian di belakang, terdapat dua buah batang lagi, yaitu mid bar 2 titik, yang menghubungkan as lengan ayun belakang kiri dan kanan, lantas satu lagi rear bar, yang diikat pada lengan ayun yang sejajar dengan gardan, fungsinya sebagai batang stabilisator.

Lewat underbrace seperti ini, limbung bawaan khas Mitsubishi Pajero Sport pun bisa cukup banyak direduksi.

“Untuk satu set underbrace ini, bisa ditebus dengan harga Rp 2,25 juta sudah berikut ongkos pasang,” jelas Indra.   
OptimaX Energy 022-70655003

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa