Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cover Bumper Xeniavanza, Diperkuat Biar Enggak Minggat

billy - Senin, 4 Juli 2011 | 15:28 WIB
Cover Bumper Xeniavanza, Diperkuat Biar Enggak Minggat
Cover Bumper Xeniavanza, Diperkuat Biar Enggak Minggat

Cover Bumper Xeniavanza, Diperkuat Biar Enggak Minggat
Cover Bumper Xeniavanza, Diperkuat Biar Enggak Minggat
JAKARTA - Para pemilik Xeniaavanza (Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia) pernah perhatikan gak bumper depan mobil Anda. Apakah lengkap semua, gak ada yang aneh? Karena sering cover atau kisi-kisi bumper bawah bolong atau hilang karena copot/terlepas di jalan (Gbr.1).

"Biasanya sih jatuh di jalan tol karena sangkutannya patah atau bumper memuai kena panas sehingga sangkutan longgar dan terlepas," jelas Hamdan Fadhilah, juragan toko Syifa Jaya di Jl. H. Mencong, Ciledug, Tangerang (Gbr.2).

Tapi tenang, bengkel resmi hingga pedagang spare part aftermarket menyediakannya. Oiya, cover bumper ini hanya buat Avanza tipe E dan G (tidak untuk tipe S). Untuk Avanza E & G tahun 2006-2008 modelnya datar/rata biasa. Sedangkan produksian 2008 ke atas sudah bermodel sirip-sirip (Gbr. 3).

Beda Xenia, untuk keluaran 2006 sampai sekarang, cover bumper bawah model datar seperti Avanza 2006-2008. So, keduanya bisa subsitusi part. "Barangnya sama kok bisa saling pakai," ujar seoarang pedagang spare part di Pusat Onderdil Palmerah, Jakpus.

Namun begitu, buat yang butuh satu bagian saja, agak ribet. Masalahnya, cover tersebut dijual satu set (foglamp garnish set) terdiri atas 4 item; garnish foglamp (kiri & kanan) dan kisi-kisi (kiri & kanan).

 
"Pembelian harus 1 set seharga Rp 145.000 (P/N: 52125-TA015). Bila hanya beli satu sisi bisa tapi 1 bagian kiri (2 item) atau 1 bagian kanan (2 item) dengan harga Rp 103.000 (P/N: 52126-TA016-RH dan 52127-TA016-LH)," terang Cahaya Fitri Tantriani, marketing communication Auto 2000 di Sunter, Jakut.
Cover Bumper Xeniavanza, Diperkuat Biar Enggak Minggat
Cover Bumper Xeniavanza, Diperkuat Biar Enggak Minggat
Kalaupun pedagang onderdil ada yang menjualnya, pengamatan OTOMOTIF itupun untung-untungan. Kerap stok barang hanya ada satu bagian, sebelah kiri atau kanannya saja. Solusi lain, bisa nyari ke pedagang body part seken.
 
"Stok banyak kok dari bumper lelangan asuransi dan bisa beli satuan," tukas Dadan, sapaan Hamdan Fadhila yang pasarkan cover bumper model kisi-kisi Avanza seharga Rp 50.000 per unitnya (satu sisi).

Nah, supaya enggak gampang copot lagi, Dadan menyarankan sebelum dipasang kasih double tape dulu di sekeliling cover (Gbr.4).

 
Biar lebih kuat lagi, tambahi lem di bagian dalam bumpernya. "Jangan pakai lem besi soalnya nanti susah kalau mau melepas bumper dan lampu. Karena baut pengikat bumper ada di belakang cover tersebut," saran Dadan.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa