Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Bahas TNKB Toyota Yaris

billy - Senin, 13 Juni 2011 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption


JAKARTA - Nomor Mesin
Berminat meminang Yaris seken atau sudah waktunya ganti pelat TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) karena habis masanya? Siap-siap saja buat esek-esek nomor mesin dan rangka. Sebelah mana ya?

Buat menggesek nomor rangka MPV imut Toyota ini relatif mudah. Karena posisinya pun sangat terjangkau. Usah mencari di sekitar ruang mesin. Karena Anda tidak menemukannya. "Lokasinya ada di bawah jok pengemudi," ujar Iwan Abdurahman, technical division PT Toyota Astra Motor.

Jadi, tinggal mundurkan jok sopir, lalu longok ke bawah. Tepat di pemegang braket depan, ada potongan karpet yang bisa dibuka. Angkat saja potongan karpet berbentuk kotak ini sehingga nomor rangka yang terpatri di dek bawah bisa langsung diesek-esek.


Relatif beda dengan nomor rangka, nomor mesin jauh lebih sulit. Posisinya ada di bawah intake manifold. Kalau membuka kap mesin, maka posisi nomor ini ada di bagian yang menghadap ke radiator. Sayangnya, posisi intake manifold berbahan plastik hitam ini menghalangi.

Perlu kesabaran ekstra buat menggapainya. Uniknya, daripada repot, bisa minta tolong bengkel resmi buat menggapainya. "Ada sih customer ke bengkel untuk minta diesek-esek," bisik Iwan. Sebenarnya kalau lebih ‘rajin', bisa buka sendiri. Meski harus copot sana copot sini, seperti penutup mesin dan intake. Usah khawatir soal merakitnya lagi. Karena tidak berpengaruh pada komputer mesin. "Tidak perlu reset apa pun, kok," yakin Iwan.

Mau coba? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa