Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Bebersih Jeroan Mesin Pakai Engine Degreaser

billy - Selasa, 7 Juni 2011 | 16:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Bodi, pelek hingga ban mengilap dan ‘bening' seperti bintang iklan sabun. Tetapi, ketika membuka kap mesin, wuaduh, dekilnya seperti kolong truk tambang pasir.

Memang, bagian ini jarang tersentuh untuk dicuci. Malah terkadang di tempat pencucian pun segan untuk mencucinya, takut terkena bagian yang sensitif. Namun, hal ini bisa dilakukan sendiri, asalkan mengerti caranya. Salah satunya dengan menggunakan engine degreaser.

Seperti R Mahendra yang masih duduk di bangku SMA. Ia sebelumnya tak tahu untuk membersihkan mesin dengan engine degreaser. "Belum pernah, biasanya dilap saja," ungkapnya.

Tetapi, perlu dilakukan dengan kondisi mesin dingin, karena kalau sedang panas disiram air, logamnya akan mengkerut dan bisa membuat kebocoran.

"Mesin harus benar-benar dingin, dan kalau masih panas disiram, bagian yang sebelumnya memuai akan mengerut dan bisa membuat kebocoran yang susah terdeteksi," ujar Usman Adie, Workshop Manager, Tunas Toyota Dewi Sartika, Jaktim.

Ada satu hal lagi, air cukup lama mengeringnya, juga bisa membasahi soket-soket dan sambungan kelistrikan lain jika tak sengaja tersiram. "Menggunakan engine degreaser bisa meluruhkan lelehan oli, yang biasa ada di mobil yang sudah cukup lama dipakai," jelas lelaki yang disapa Gembleh itu.

Lewat engine degreaser, semprotannya bisa lebih fokus dan tidak meninggalkan bekas juga cepat mongering. Tetapi ada hal yang harus diperhatikan, sama dengan membersihkan dengan air, kondisi mesin harus benar-benar dingin.

"Selain mencegah mesin mengerut tiba-tiba, soket dan kabelnya pun tidak akan terkena pengaruh akibat perubahan suhu yang tiba-tiba menurun," tutur Gembleh.

Lantas, bagaimana caranya menggunakan engine degreaser ini? Pertama-tama, matikan mesin terlebih dulu, lalu tunggu sampai kondisinya benar-benar dingin. Memang, sebaiknya hal ini dilakukan di pagi hari atau ketika mobil belum digunakan atau dihidupkan mesinnya sama sekali, untuk amannya.

Kemudian, kocok kaleng permbersih mesin ini, lalu semprotkan untuk tipe semprot atau basahi ke kain dan lap ke bagian yang terlihat kotor. Lakukan terus hingga kotorannya luruh dan benar-benar bersih.

Selanjutnya, bisa menggunakan lap yang agak basah atau lembab, untuk mengelap bagian yang sudah dibersihkan tadi. Lap secara merata, hingga benar-benar tak ada sisa kotoran hasil lelehan kotoran yang disemprot tadi.

Untuk bagian yang agak rapat dan tersembunyi, bisa dilakukan dengan membersihkan dengan kuas, setelah disemprot menggunakan engine degreaser tentunya.

Hal yang perlu diperhatikan, adalah soket dan sambungan kabel. Sebaiknya lap saja bagian ini, agar tidak ada cairan yang menyelip di antara soket. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa