Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Engine Damper Nissan March M/T, Cegah Mounting Pecah

billy - Minggu, 5 Juni 2011 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Ada beberapa keluhan dari pemilik Nissan March M/T. Keluhannya, jika mobil berakselerasi secara mendadak (dari kondisi diam), ada suara ‘jedak’ dari arah kompartemen mesin. Hal ini bisa saja berasal dari engine mounting yang terlalu lembut (menggunakan model liquid).

Jika ini sering terjadi, lama-lama karet pembungkus engine mounting bisa robek dan malfungsi. Padahal, engine mounting model ini berfungsi untuk mereduksi getaran berlebih, yang umumnya terjadi pada mobil bermesin ganjil.

Untuk menghindari kerusakan pada engine mounting, bisa menggunakan engine damper. Fungsinya adalah untuk menahan mesin bergerak berlebihan saat akselerasi mendadak. Efeknya, karena gerakan mesin tertahan, maka bisa memperpanjang umur engine mounting tersebut.

Untuk perangkatnya, bisa menggunakan produk engine damper universal. Prinsip kerjanya sama saja, yang membedakan dengan mobil lainnya, hanya pada dudukan mangkok atas sokbreker dan braket ke mesin bagian atas. Wajib diingat, untuk braket ke mesin, cari bagian mesin yang strukturnya paling kuat.


 Untuk Nissan March harus dibuatkan dudukan dengan cara custom terlebih dahulu karena belum tersedia komponennya
Gunawan dari Premier Autowerkz di bilangan Pluit, Jakarta Utara mengatakan, kalau engine damper ini tergantung dari kapasitas mesin dan juga ukurannya, untuk dudukan engine damper bisa saja di-custom, harganya sekitar Rp 2 jutaan. Namun ia mengingatkan, dengan adanya engine damper, getaran mesin akan sedikit lebih terasa ke dalam kabin (bodi mobil).  (mobil.otomotifnet.com)

WORKSHOP:

Premier Autowerkz
Pluit Barat 3A no 1-3
Jakarta Utara
Tlp. (021) 66606433

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa