Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rel Pintu Geser Daihatsu Grand Max Dan Luxio Mengganggu Tampilan? Tutup Stiker Aja

billy - Jumat, 22 April 2011 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Halo Bung OTO,

Perkenalkan, nama Saya Yorrie Rismanto, salah satu pengurus Daihatsu Gran Max Luxio Indonesia, lebih beken disebut Maxxio. Kami dari Maxxio mau berbagi tips dan trik ringan nih untuk meningkatkan tampilan mobil Gran Max dan Luxio.

Tapi ini khusus Gran Max dan Luxio yang warna bodinya gelap. Tipsnya adalah menutup atau menyamarkan jalur rel pintu samping Gran Max dan Luxio yang kelihatan sekali relnya. Sangat kontras jika warna bodi mobilnya gelap, khususnya hitam. Tipsnya murah meriah, tanpa harus beli rail cover kepunyaan Luxio tipe Prestige.

Caranya dengan melapis penampang rel pintu geser dengan lapisan stiker sewarna bodi. Tujuannya yakni supaya tampil lebih eksklusif atau mewah. Pertama, Siapkan stiker jenis scotlight sewarna bodi mobil yang banyak dijual di toko aksesori (Gbr.1).

No caption
No credit
No caption
Namun saat ini baru bisa diaplikasikan di bodi warna hitam karena kemiripan warna stiker dan cat bawaan pabrik. Stiker jenis ini dipilih karena relatif tipis. Nah, sebelum stiker ditempelkan, bersihkan dulu area rel pintu dengan lap basah. Setelah itu keringkan dengan baik untuk menghilangkan bekas oli dan debu.

Langkah kedua, potong stiker sesuai kebutuhan dimensi penampang rel pintu (Gbr.2). Untuk satu sisi penampang rel saja dibutuhkan total lebar stiker 3,5 cm dengan panjang 80 cm. Kalkulasi untuk satu mobil butuh lebar 7 cm dengan panjang 80 cm.

Sementara stiker yang banyak tersedia dijual dalam hitungan per meter punya luas 100 cm x 50 cm. Harganya berkisar Rp 15 ribu. Jadi untuk hitungan luas satu meter stiker bisa diaplikasikan ke tujuh mobil Gran Max dan Luxio.


Yang perlu diperhatikan adalah proses penempelannya (Gbr.3). Semua bidang penampang rel bisa ditempel kecuali jalur dimana roda rel pintu bergerak, sebisa mungkin sisakan celah agar tidak tertutup stiker (Gbr.4). Dibutuhkan ketelitian ekstra pada proses ini.

Hal ini sangat dianjurkan agar kinerja roda rel tidak terhambat pelapisan stiker. Jika ingin tahu lebih detail lagi bisa gabung di mailing list Kami di alamat maxio@yahoogroups.com. Semoga bermanfaat bagi pembaca, terutama pengguna Daihatsu Gran Max dan Daihatsu Luxio.

Salam.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa