Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Portland Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Elektrik Pertama di USA

Editor - Rabu, 11 Agustus 2010 | 08:50 WIB
Portland Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Elektrik Pertama di USA
Portland Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Elektrik Pertama di USA

OTOMOTIFNET – Kabar gembira bagi lingkungan hidup berhembus dari negara Amerika Serikat, yang baru-baru ini meresmikan stasiun pengisian listrik umum untuk kendaraan elektrik di kota Portland, Oregon.

Stasiun yang diresmikan oleh Portland General Electric ini merupakan fasilitas pengisian listrik cepat untuk umum pertama di negeri paman Sam.

Pembuatan stasiun pengisian listrik umum yang terletak di parkiran gedung World Trade Center, di pusat kota Portland ini ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat Amerika. Dimana mulai banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan elektrik untuk keperluan sehari-hari.

Kemampuan stasiun pengisian listrik yang dibangun oleh Takasago, anak perusahaan teknologi asal Jepang, NEC ini cukuplah hebat. Sebab alat charger ini mampu mengisi baterai dari kosong hingga 80 persen, hanya dengan 20 sampai 30 menit saja! Bandingkan dengan pengisian dirumah yang membutuhkan waktu hingga 8 sampai 12 jam untuk mengisi penuh energi sebuah kendaraan elektrik.

Tak heran, karena stasiun ini mampu memberikan output daya hingga 50kw dan mendukung daya masukan sebesar 200V-30V yang memungkinkan mengisi baterai kendaraan elektrik yang berjenis lithium ion secara singkat.

Asiknya, setiap warga yang mengisi di stasiun yang mengisi di sana tidaklah dikenakan biaya alias gratis. Namun, mereka tetap terkena ongkos parkir sekitar USD $3 Dollar Amerika atau Rp 27.000 (kurs rupiah saat ini) selama masa pengecasan. Cukup murah bukan? dari pada ngecas sendiri di rumah...!

Penulis : Ilham

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa