Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Untuk Jadi Pengganti Avanza-Xenia, Perodua Alza Perlu Penyesuaian?

Editor - Kamis, 8 Juli 2010 | 14:28 WIB
Untuk Jadi Pengganti Avanza-Xenia, Perodua Alza Perlu Penyesuaian?
Untuk Jadi Pengganti Avanza-Xenia, Perodua Alza Perlu Penyesuaian?

OTOMOTIFNET – Minggu lalu OTOMOTIFNET.com baru saja mengupas tuntas varian Perodua Alza yang dikabarkan bakal menjadi kandidat kuat pengganti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia. Apalagi umur si kembar Avanza-Xenia sudah hampir 8 tahun, maka pantaslah bila Perodua Alza, MPV (Multi-Purpose Vehicle) berkapasitas 1.500 cc ini diproyeksikan sebagai pengganti.

PT Toyota Astra Motor (TAM) pun mengakui kalau Avanza-Xenia sudah waktunya melakukan mayor change. “Sesuai siklus produk, mudah-mudahan tahun depan ada yang baru pada model ini,” buka nara sumber OTOMOTIFNET.com yang ditemui saat peluncuran program Car For Tree kemarin. Bahkan kabarnya akhir tahun ini tes jalan pengganti Avanza-Xenia ini sudah akan dilakukan.

Meski begitu belum ada kepastian apakah Perodua Alza yang merupakan proyek kerjasama TMC (Toyota Motor Corp.) dengan DMC (Daihatsu Motor Corp.) untuk pasar Asean ini akan 100 persen menjadi penggantinya. “Mengingat Avanza dan Xenia yang sekarang beredar di Indonesia merupakan model yang benar-benar di develop di Indonesia sesuai kebutuhan orang Indonesia,” lanjutnya.

Kalaupun benar-benar menggunakan Perodua Alza sebagai basis mobil yang akan dipakai, dipastikan akan banyak penyesuaian. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan orang Indonesia. Bahkan kabarnya terjadi beberapa perubahan posisi manager di PT TAM salah satunya adalah untuk menyiapkan model baru ini. 

Perodua Alza yang sudah duluan di launching akhir tahun lalu di Malaysia ini sepintas desainnya memang terlihat lebih manis. Lebih mirip Nissan Livina ketimbang Toyota Avanza. Sedang dimensinya dipastikan lebih melar dan memiliki ground clearance lebih tinggi dari Avanza. Klop dengan kondisi jalanan di Indonesia, yang rawan dengan aspal menganga.

Penulis/Foto:Popo/Dok OTO

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa