Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Membeli KIA Carnival, Perhatikan Sektor Mesin

Editor - Kamis, 29 April 2010 | 06:23 WIB
Panduan Membeli KIA Carnival, Perhatikan Sektor Mesin
Panduan Membeli KIA Carnival, Perhatikan Sektor Mesin

OTOMOTIFNET - Adalah Pragito, workshop head Kia Tebet Jaksel, memberikan beberapa panduan membeli Kia Carnival. Lebih lanjut, pria ramah ini fokus di produk berumur lima tahun ke atas. Sektor mesin dan kaki-kaki jadi perhatian.

Langkah awal hidupkan mesin, lalu dengarkan suaranya dengan seksama. Jika ada suara yang mengganggu, boleh dicurigai kondisinya.

Salah satu penyebabnya ada pada hidrolic las adjuster yang sudah malfungsi. Fungsi komponen ini untuk menentukan kerenggangan antara klep dengan rocker-arm secara otomatis.

Lalu cek warna oli mesin pada ujung stik oli. Ideal warnanya rada kehitaman. Jika kecoklatan atau berbuih bisa dipastikan oli sudah bercampur air akibat efek overheat. Reservoir tank pun senasib, harus dipastikan normalnya berisi air murni. Penyebab overheat karena tidak bekerjanya motor-fan sehingga kinerja putaran kipas pendingin radiator melambat.

Beralih ke kaki-kaki, jika ada oli yang merembes atau menetes, bisa dipastikan karet as roda sudah termakan. Lebih pastinya lakukan pengetesan di jalan bergelombang temasuk saat berbelok patah. “Usia komponen kaki-kaki berkisar 3-4 tahun, tergantung kondisi jalan”, tutup Pragito.


Penulis/Foto: Anto / Anto

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa