Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota dan Daihatsu Serius Garap Pasar Mobil Matic Low Segmen

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption


Toyota melebarkan pasar dengan Rush G A/T

OTOMOTIFNET - Rupanya strategi PT Toyota Astra Motor (TAM) yang tentunya diikuti oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Avanza – Xenia 1.3 automatic dan Rush – Terios varian terendah dengan transmisi automatic, merupakan langkah kedua pabrikan ini melebarkan segmentasi pemasarannya.

Betapa tidak, sebelumnya transmisi automatic hanya identik dengan mobil-mobil mewah. Tapi dua varian terbaru dari Toyota dan Daihatsu ini justru diperuntukkan untuk konsumen dengan kemampuan ekonomi menengah.

“Kita memang sedang mencoba merubah paradigma lama yang mengidentikkan mobil automatic dengan mobil mewah,” buka Bansar Maduma, Department Head Marketing Plan And Customer Relation Division, PT TAM.

“Selain itu mitos-mitos lama tentang harga mobil baru bertransmisi automatic yang dianggap mahal tapi harga jualnya yang rendah, hingga masalah after salesnya yang dianggap menyulitkan dan membutuhkan biaya besar juga sudah tidak relevan lagi untuk saat ini,” lanjutnya.

“Dengan varian baru ini setidaknya menjawab, bahwa mobil bertransmisi automatic dengan kenyamanan ekstra bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau,” ungkap pria di balik lahirnya Toyota Avanza ini. Hal yang sama juga diakui oleh Elvina Afni, Head Domestic Marketing Division, PT ADM.

“Dengan varian Terios TS A/T, diharapkan konsumen dengan budget terbatas tetap bisa memiliki mobil dengan kenyamanan transmisi automatic,” ungkap wanita ramah yang akrab disapa Evi ini. “Meski pasarnya tidak besar tapi tetap ada dan kita yakin kedepannya akan terus tumbuh,” yakinnya.

Meski begitu saat ini ketika jalanan makin macet, kenyamanan menjadi sangat penting. Jadi jangan heran bila pertumbuhan mobil automatic pun sangat tinggi.

“Di tahun 2005 market share mobil automatic hanya 17% tapi tahun 2009 sudah mencapai 24%. Dan kita yakin tahun 2010 akan lebih dari 25%,” ungkap Joko Trisanyoto, Marketing Director PT TAM.

“Jadi rasanya timing kita meluncurkan Avanza 1.3 dan Rush G automatic juga sesuai dengan kondisi pasar. Dimana konsumen yang membutuhkan mobil dengan kenyamanan automatic juga makin besar,” tambahnya. 

Penulis/Foto: Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa