Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Mewah Rasa Amerika, Cadillac XTS

Editor - Sabtu, 16 Januari 2010 | 10:33 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Semenjak peluncurannya pada 2005 silam, penjualan Cadillac STS dan DTS tidak terlalu menggembirakan. Banyak orang yang mencibir mengenai harganya yang mahal tapi kualitas buatannya yang jelek. Padahal kedua mobil tersebut masuk ke dalam segmen mobil mewah.

Alasan itulah yang memaksa GM memutuskan menghentikan penjualan kedua sedan tersebut dan berencana menggantinya dengan satu model. Dan Cadillac XTS yang tampil di Detroit Motor Show kali ini adalah pengganti STS dan DTS.

Seperti pendahulunya, XTS diposisikan sebagai mobil mewah. Dan sepertinya XTS akan menjadi rival berat Audi A8, BMW Seri 7 dan Mercedes S-Class.

Mobil konsep ini hadir dengan bahasa desain Cadillac yang baru. XTS tak lagi menganut lekuk garis body yang tajam yang dulu menjadi ciri khas pabrikan asal negri Paman Sam tersebut. Sekarang mobil konsep ini menganut garis body yang membulat.

Namun ciri khas Caddy yaitu bentuk lampu depan dan belakang yang diletakkan secara vertikal tetap dipertahankan. Kemungkinan tujuannya adalah agar orang-orang mudah mengenali mobil ini sebagai Cadillac.

Secara keseluruhan XTS dapat tampil mewah. Apalagi mobil sedan ini hadir dengan kelir hitam dan terdapat lis krom di beberapa bagian body mampu memancarkan aura elegan.

Kesan mewah berlanjut hingga bagian interior. Beberapa bagian interiornya dibuat dengan dengan tangan dan dijahit untuk mencapai hasil yang sempurna dan berkualitas tinggi.

Desain dashboard dan panel instrumen yang baru akan menjadi acuan bagi desain interior untuk model-model terbaru Cadillac yang akan datang.

Selain itu tachometer, speedometer dan beberapa indikator tradisional lainnya digantikan oleh layar O-LED (Organic – Light Emitting Diode) yang akan memperlihatkan kecepatan mobil, temperatur mesin, konsumsi bahan bakar, dan lainnya secara digital.

Layar LCD yang berada di tengah interior hadir dengan fitur touch screen. Ini akan menggantikan tombol-tombol yang biasanya berjubel di sekitar dashboard.  

Mobil yang dibangun di atas platform Epsilon II ini menggendong mesin plug-in hybrid berkapasitas 3600 cc dengan konfigurasi V6. Bila mesin dan motor listrik bekerja sama akan menghasilkan tenaga 350 hp.

Tenaga tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan Mercedes S400 Hybrid yang hanya bertenaga 295 hp.

Penulis : Dika/AZ
Foto : GM

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa