Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Avanza dan Johnny Darmawan, Pilar Toyota Tetap Nomor Satu

Otomotifnet - Kamis, 3 April 2014 | 08:30 WIB
Avanza dan Johnny Darmawan, Pilar Toyota Tetap Nomor Satu
Avanza dan Johnny Darmawan, Pilar Toyota Tetap Nomor Satu

 
Dari kanan : Johnny Darmawan  didampingi Agung Adiprasetyo , CEO Kompas Gramedia , Hendra Noor Saleh dan Rizka Sasongko dari Majalah Fortune saat peluncuran buku
 
 
Otomotifnet.com - Turbulensi kencang di pasar otomotif terjadi ketika pasar mulai terbuka bebas, yaitu periode saat setelah krisis ekonomi pada 1998. Berbagai merek dan model membanjiri pasar, sehingga sempat mengancam pemain lama seperti Toyota.
 
Kala itu, Toyota dituntut harus bisa memberikan alternatif segar dalam memproduksi dan menjual mobil di Indonesia. Di sinilah peran pemimpin Toyota Astra Motor dituntut lincah dalam membaca situasi. Sosok pemimpin itu harus bisa membawa gerbong selalu siap mempertahankan posisi sebagai nomor satu di pasar otomotif tanah air.
 
Adalah Johnny Darmawan, sosok pemimpin yang tepat hadir dalam situasi tersebut. Johnny berhasil membawa Toyota berkibar, justru disaat badai krisis moneter masih mendera pasar mobil Indonesia. Toyota harus berfikir, harus menyuguhkan inovasi yang konkret!
 
"Maka hadirlah Avanza. Dikedepankan sebagai mobil dengan harga terjangkau bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Avanza mengulangi sukses besar yang pernah ditoreh Toyota Kijang," sebagaimana dikutip dari buku "Kiprah Toyota Melayani Indonesia 2002 - 2014 yang diluncurkan hari ini (2/4) di Jakarta.
 
Peran Johnny jugalah yang berhasil melakukan pendekatan kepada pihak prinsipal Toyota Motor Corp. Bagian riset dan pengembangan TMC berhasil dibuat yakin dengan kondisi kongkret jalanan, infrastruktur, sampai tipe dan perilaku konsumen di Indonesia.
 
Tumbuh kembang Toyota di Indonesia yang semula baru menguasai 20 persen pasar akhirnya secara bertahap naik hingga 40 persen, dengan mengandalkan tiga pilar utama, yakni produk, sumber daya manusia dan layanan.
 
Menjaga tetap menjadi nomor satu bukan perkara mudah. Apalagi ditengah gejolak politik dan ekonomi di Indonesia yang demikian hebat dalan 10 tahun terakhir. Namun, kiprah Toyota selama 42 tahun di Indonesia untuk terus menjadi nomor satu, terutama dalam satu dekade terakhir sudah diselamatkan oleh dua pilar utama selain pelayanan yang prima. Yakni Avanza dan Johnny Darmawan. (mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa