Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Patroli Polisi Canggih Pertama di Indonesia, Dipersenjatai Android

Sabtu, 23 November 2013 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Polres Jakarta Utara melakukan terobosan dengan adanya mobil patroli berbasis Android. “Selama ini mobil patroli kita dilengkapi dengan peralatan global positioning system (GPS). Dan kali ini dilengkapi dengan gadget tablet yang berbasiskan Android serta dipasang barcode yang telah di-scaner obyek vital setempat oleh penanggung jawab”, tutur Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Mohammad Iqbal.

"Dengan sistem ini, kita harapkan Polres Jakarta Utara bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk gangguan kamtibmas,” tambahnya. Selain itu, informasi akan lebih cepat serta usaha kamtibmas berjalan dengan baik dibanding cara konvesional, menggunakan buku laporan.

Setiap anggota yang patroli bisa dipantau keberadaannya mulai dari aktivitas dan lamanya melakukan patroli di setiap objek vital dan tempat rawan kamtibmas. Semuanya akan terlapor langsung ke pusat data (Command Centre Polres Jakut). “Setiap laporan dari anggota akan diolah langsung di tempat ini, Command Center,” jelas Ipda Angga Surya Saputra, Sik, Kasubdit Turjawali Sat Sabhara, dan Panit Command Center.

Pusat pengendalian ini akan menerima 250 barcode objek vital dan tempat-tempat yang rawan kamtibmas setiap harinya selama 24 jam. Mekanismenya, anggota datang ke objek yg telah terpasang barcode, kemudian melakukan scaning untuk check in. Setelah itu hitungan durasi patroli pun dimulai.

Kemudian anggota berkomunikasi ke masyarakat dan keamanan setempat tentang kondisi terkini dan perkembangan keamanan wilayah. Setelah itu anggota patroli melaporkan hasil patroli ke pusat data. Jika kondisi aman terkendali, anggota kemudian melakukan laporan akhir sebagai syarat check out dari lokasi. Informasi ini meliputi keluhan dan gangguan kamtibmas dari masyarakat. Waktu berpatroli tergantung tingkat kerawanan dan wilayah setempat.

“Pengadaan mobil canggih ini untuk mewujudkan cita-cita polisi yang dicintai masyarakat dan dapat lebih dekat dengan masyarakat,” tambah AKBP Sucipto, Kasad Sabhara Polres Jakut. Saat ini, 55 kendaraan patroli canggih ditempatkan pada 6 Polsek di wilayah Jakut dan Polres Jakut. Masyarakat juga bisa melaporkan kondisi wilayahnya melalui Call center, 110 dan SMS center 085311166666. • Uut

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa