Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Demo Buruh Belum Sampai Mengganggu Operasional Pabrikan Mobil

Kamis, 31 Oktober 2013 | 13:34 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Para buruh akan kembali memenuhi jalan-jalan di Ibukota untuk menuntut kenaikan angka kelayakan hidup, berupa kenaikan upah hingga Rp 3,7 juta. Lalu bagaimana dengan pabrikan otomotif, apakah akan terkena dampaknya hari ini?

Informasi yang dikumpulkan otomotifnet.com hari ini (31/10), melalui beberapa perwakilan pabrikan yang mempunyai kantor pusat dan juga fasilitas produksi di Indonesia, demo para buruh tersebut sampai saat ini belum sampai mengganggu aktifitas operasional keseharian mereka.

"Hanya lewat di depan, gak ada apa-apa kok. Cuma mungkin akses para tamu untuk ke kantor jadi sedikit sulit, karena ada (para pendemo) yang memasuki kawasan industri Sunter," ujar Rouli Sijabat, Public Relation Manager Toyotra Astra Motor ketika dihubungi otomotifnet.com.

Begitu juga dengan tetangga Toyota di Sunter, yakni Daihatsu yang mengungkapkan kalau demonstrasi yang dilakukan para buruh belum sampai mengganggu kegiatan mereka.

"Aman-aman saja disini, malah jadi sepi nih, pada takut lewat sini kali. Pabrik kita juga aman," kata Agus Nardianto, Head Public Relation Dept Domestic Marketing Division, PT Astra Daihatsu Motor.

Sementara Suzuki, meski mengatakan kondisi masih aman, melalui Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales, Davy Tuilan, pihaknya sedang berdiskusi untuk mengantisipasi langkah-langkah selanjutnya, apabila terjadi sesuatu akibat demo para buruh tersebut. "Kita belum dapat update terbaru, tapi saat ini sedang berdiskusi untuk langkah kedepan seperti apa. Mudah-mudahan tetap aman-aman saja," ungkap Davy.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut rute dan titik berkumpul para buruh yang melakukan demo hari ini.

1. Dari Kabupaten Bekasi (EJIP, BIIE/Hyundai Delta Silicon, Jababeka, MM 2100, diikuti oleh Sekber Buruh dan KSPI). Jumlahnya sekitar 30 sampai 40 ribu orang. Akan ada antisipasi terkait penutupan jalan tol.

2. Kantor DPRD Kab Bekasi dan Kantor Kabupaten Bekasi oleh Sekber Buruh, GSBM, FSPMI, SPSI. Jumlahnya sekitar 1.000 orang.

3. Kawasan Industri Kota Tangerang oleh KNGB, dengan jumlah pendemo sekitar 3.500 orang.

4. Kawasan Industri Jatiuwung Kota Tangerang oleh Kabut Tangerang, dengan pendemo 350 orang.

5. PT. Cingluh Cikupa, PT Victori Cingluh, Kabupaten Tangerang oleh Konsolidasi Gerakan Nasional Buruh, dengan jumlah demonstran 1.000 orang.

6. Kantor Kabupaten Tangerang oleh SPN akan didemo 500 orang.

7. Kantor Walikota Tangerang selatan oleh SBSI 92 dan KNGB, dengan demonstran sekitar 1.000 orang.

8. Lampu merah Pemda Tangerang Cikupa oleh FSPMI-KNGB, dengan pendemo berkisar 5 ribu orang.

9. Bawah jembatan Tol Bitung Tangerang oleh KSBSI, dengan massa sekitar 300 orang.

10. Kawasan Industri Sunter dan Kawasan Industri Pulogadung oleh PSP, LEM, SPSI. Dengan jumlah demonstran 3.000 orang.

11. Kawasan Industri Kapuk oleh Sekber Buruh. Dengan jumlah pendemo sekitar 2.000 orang.

12. Area Pelabuhan Tanjung Priok dan KBN Cilincing Jakarta utara oleh Forum Buruh DKI Jakarta, denan massa sekitar 2000 orang.

13. Depan Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok oleh SBTPI dengan jumlah pendemo 500 orang.

14. Rute Gambir, Gunung Sahari, Mangga Besar, Hayam Wuruk, oleh Front Tansportasi Jakarta 100 orang.

15. KBN Cakung oleh FBLP, diikuti 500 orang.

(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa