Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Sejarah Singkat Pengembangan Diesel BMW Seri-3

Senin, 10 Juni 2013 | 06:26 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Sejak awal, para pakar pengembangan mesin BMW sudah melihat adanya potensi teknologi diesel dalam meningkatkan efisiensi kinerja mesin. Pengembangan para pakar tersebut fokus pada beberapa karakteristik kinerja unik yang tersedia pada teknologi diesel.

Dengan pengembangan berkelanjutan munculah BMW 324td yang diperkenalkan pada 1987. Mobil ini adalah model pertama BMW Seri 3 yang mengusung mesin diesel turbocharger.

Saat itu, BMW bermesin diesel ini seketika mampu menawarkan gaya berkendara sporty yang unik, baik untuk keperluan sehari-hari maupun di arena balap. Pada tahun 1998, BMW 320d mencetak rekor sebagai mobil balap bermesin diesel pertama yang  memenangkan lomba ketahanan di “24 Hours of Nürburgring”.

Selama 30 tahun BMW secara konsisten mengembangkan teknologi diesel. Mesin BMW Advanced Diesel saat ini membentuk sebuah tolak ukur baru untuk torsi dan tarikan tenaga saat kendaraan mengkonsumsi bahan bakar yang efisien dan menghasilkan emisi lebih sedikit.

Di Eropa, BMW Advanced Diesel memberikan kontribusi sebesar 70 persen dari total penjualan. Sejalan dengan itu, di Indonesia beberapa model dengan BMW Advanced Diesel mulai berhasil memikat hati konsumen, hal ini tampak dari kontribusinya sebesar 12% dari total volume penjualan.

Mesin BMW Advanced Diesel pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010. Saat ini sudah tersedia beragam pilihan model BMW Advanced Diesel di Indonesia. Model tersebut antara lain adalah, BMW X1 sDrive20d, BMW X3 xDrive20d, BMW X5 xDrive30d, BMW 520d, BMW 730Ld, serta BMW 320d yang hari ini baru saja diluncurkan pekan lalu di Tanah Air.(mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa