Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deretan Mobil Unik yang Tak Pernah Diproduksi Massal

Senin, 8 April 2013 | 09:45 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta – Tampang nyeleneh dan tak sesuai selera pasar menjadi alasan para pabrikan urung membuat versi massal mobil ini. Tapi uniknya, dengan tampilan tersebut beberapa mobil berikut justru membuatnya tak lekang zaman. Apa saja itu? Yuk, kita intip.

Fascination 1974

Mobil ini merupakan hasil inspirasi dari film fiksi ilmiah dan sosok ilustrasi tahun 1930-an yang menampilkan desain bulat dengan sepasang ban yang saling menempel dengan as roda belakang yang jauh lebih panjang. Mirip pesawat terbang, terutama berkat bentuk ‘mesin jet’ di rumah roda belakang.

No caption
No credit
No caption

El Tiburon 1962

Kalau ikan hiu disulap menjadi mobil, maka El Tiburon Roadster inilah jawabannya. Pasalnya, dari sektor desain dan aerodinamikanya memang terinspirasi dari sosok hiu yang pipih dan bermoncong tajam. Uniknya, El Tiburon tak mengaplikasi atap atau pilar, jadi pengemudi wajib waspada saat menggebernya. Nggak cuma desain, nama El Tiburon sendiri berarti hiu dari bahasa Spanyol.

No caption
No credit
No caption

F.M.R. TG 500 Tigre 1959

Mobil kecil ini didesain oleh perusahaan pesawat tempur era perang dunia II, Messerschmitt. Tigre sendiri diklaim menjadi micro muscle car di eranya. Sebab, dengan ukurannya yang ultra kompak dan bobot hanya 150 kg, mobil ini telah mengaplikasi mesin bertenaga 24 dk dari VW Beetle 1300. Meski kecil, satu-satunya mobil ini dilelang dengan harga sekitar Rp 3 milyar.

No caption
No credit
No caption

"Shorty" Mustang prototype 1963

Saat membuat prototip ini, Ford menginginkan sosok Mustang yang lebih kecil sebagai pesaing AMC Javelin. Dan jika AMC Javelin terlihat apik, maka tampang Mustang pendek ini malah terlihat aneh. Akhirnya, Ford mengurungkan niat mereka untuk memproduksi Mustang pendek secara massal.


Spohn Convertible 1957

Entah apa yang menginspirasi desainer mobil Spohn Convertible buatan 1957 ini. Desainnya nyentrik, seperti bumper yang mirip janggut panjang. Serta panel bodi seperti gril dan sayap belakang tanpa harmonisasi yang baik. Alhasil, mobil garapan karoseri Spohn asal Jerman ini lebih cocok sebagai bahan tertawaan, ketimbang sebuah mobil convertible yang keren. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa