Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

In Car Aroma Terapi, Lima Pewangi Pereda Stres

billy - Kamis, 4 April 2013 | 15:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Capek terus-terusan nyetir di tengah macet, lalu lintas kusut, bunyi klakson tiada henti sementara di kantor ditunggu setumpuk pekerjaan? Ada cara gampang untuk menghadapinya, tarik napas dalam-dalam dan lepaskan. Makin baik lagi, kalau aroma di kabin Anda menyediakan terapi pengusir stres.

Aromaterapi merupakan metode yang sudah lama dikenal untuk meredakan stres. Aroma yang tepat akan membantu meningkatkan performa mental dan pikiran untuk menghadapi segala pemicu stres tersebut. Jadi, cermatlah saat memilih pewangi mobil, jangan asal wangi.

Ada banyak pilihan pewangi mobil dan ruangan yang bisa dipakai. Berupa kertas, gel sampai cairan. Bagaimana menentukan aroma yang pas? “Jika pada saat itu kita merasa tenang dengan satu bau atau wewangian berarti wewangian tersebut yang kita butuhkan,” kata dosen dan psikolog, Levianti, M.Psi. Berikut 5 aroma yang bisa menghilangkan stres.

1. MAWAR

No caption
No credit
No caption
Jangan buru-buru alergi dengan aroma mawar yang feminin. Mawar memiliki khasiat meredakan stres, tekanan dan sakit kepala. Efeknya memang tidak permanen, tapi pasti berguna buat yang pusing tiap hari ketemu jalan kusut dan macet panjang.

2. LEMON, APEL


Sejumlah riset produsen aroma menunjukkan bahwa minyak buah segar seperti lemon dan apel memiliki efek anti-depresi. Cocok untuk meredakan stres dan mendongkrak mood. Aroma jeruk memiliki efek yang menenangkan, meningkatkan percaya diri dan fokus.

3. LAVENDER

Aroma bunga ini sangat populer digunakan sebagai aroma pereda stres. Lavender meredakan syaraf-syaraf yang tegang, membantu mengatasi perasaan tertekan, cemas, bingung, kelelahan, gelisah dan tekanan mental lainnya. Aromanya membantu mengembalikan keseimbangan mental, membangkitkan perasaan segar dan menjernihkan pikiran. Cocok untuk yang tiap hari didera stres karena macet atau lalu lintas semrawut.


4. PEPPERMINT

Tak cuma lezat jadi permen dan teh, aroma peppermint juga manjur untuk meredakan stres. Aromaterapinya meningkatkan memori dan kewaspadaan. Cocok banget sebagai pembangkit energi pengemudi yang kelelahan, sibuk, dikejar-kejar stres dan beban kerja.

5. ROSEMARY

Aroma bunga ini identik dengan perasaan puas. Rosemary memiliki sejumlah efek positif yang meningkatkan performa dan mood. Aromanya menurunkan tingkat kortisol atau biasa disebut hormon stres, yang terbentuk saat stres. Jadi, ini cocok untuk menemani perjalanan ke kantor di pagi hari. Rosemary membantu pikiran segar dan tetap produktif setelah didera stres. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa