Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Peristiwa Kecelakaan, Manusia Faktor Paling Menentukan

billy - Rabu, 13 Maret 2013 | 17:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Seminggu belakangan kita dikejutkan dengan beberapa kecelakaan yang memakan korban jiwa cukup banyak. Kesemua kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan komersial, truk dan bus, sebagai ‘aktor' utamanya. Dimulai dari tabrakan beruntun yang diakibatkan oleh truk bermuatan oli di Kabupaten Cianjur, Jabar yang menewaskan 16 orang.

Selang beberapa hari kemudian, sebuah bus pariwisata menabrak tebing di Ciloto, Kab, Cianjur, Jabar pada Rabu (27/2) siang. Lagi-lagi 16 orang tewas di tempat. Terakhir pada Kamis (28/2) silam, dimana sebuah bis terjun kejurang di Simalungun, Sumatera Utara. Kecelakaan ini mengakibatkan 7 penumpang tewas termasuk supir.

Dari hasil olah TKP, pihak berwajib menyatakan dugaan penyebab kecelakaan diakibatkan gagalnya fungsi rem kendaraan. Ditinjau dari segi safety driving, gagalnya fungsi rem sebenarnya bisa diantisipasi oleh pemilik kendaraan tersebut, dengan melakukan pengecekan awal sebelum berkendara.

FAKTOR MANUSIA

Dalam tiga kasus kecelakaan tersebut, faktor manusia berperan sangat besar. Utamanya kesiapan pengemudinya terlebih dulu. "Kesiapan pengemudi bukan hanya dari fisik, tapi dari kemampuan dia mengantisipasi, skill berkendara dan jam terbang," papar Rudy Novianto, instruktur safety driving dari Jakarta Road Survival (JRS). Menurutnya, penyaringan pengemudi sudah dilakukan pada saat permohonan pengajuan SIM, namun sudah jadi rahasia umum, banyak pemohon SIM yang main jalur belakang.


Berikutnya kondisi kendaraan yang tidak layak jalan namun dipaksakan. Misalnya ban yang sudah aus tetap dipakai. Selain itu membawa barang dengan jumlah melebihi kapasitas. Ini sudah masuk kategori kondisi tidak aman, dimana situasi kendaraan tidak layak dipakai tetapi dipaksakan beroperasi. "Kondisi ini menjadi salah satu pendukung penyebab kecelakaan," urai pria berkantor di Gondangdia Lama No.5, Jakpus ini.

Hal yang sama juga disampaikan Bintarto Agung, presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), bahwa kerusakan pada kendaraan yang berakibat kecelakaan bisa diantisipasi. "Mechanical problem seperti rem blong hanya sebagai salah satu faktor penyebab kecelakaan," katanya.

Menurutnya, dalam ketiga kasus ini faktor human error paling berpengaruh. "Kerusakan mekanis seperti rem blong bisa dicegah jika pengemudi atau pemilik kendaraan melakukan pengecekan sebelum kendaraan dipakai," urai pria ramah ini.

FAKTOR JALAN

Bagian lain yang berkontribusi dalam ketiga kecelakaan tersebut ialah kondisi jalan yang menurun. "Jalan memang menjadi faktor pendukung kecelakaan tapi sebenarnya bisa diantisipasi pengemudi dengan mengurangi kecepatan," ujar Rudy.

Di lokasi pun sudah dipasang rambu-rambu yang menerangkan kondisi jalan yang akan dilalui. “Tinggal bagaimana pengemudi mengantisipasi," tambahnya.

Beban bawaan yang selalu diremehkan juga jadi faktor pendukung lainnya. "Kebiasaan membawa beban hingga overload mengganggu handling kendaraan," jelas Bintarto. Ditambah kondisi jalan yang menurun dan kurangnya perawatan dan pengawasan pada kondisi kendaraan, memperbesar peluang terjadi kecelakaan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa