Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dealer Go Green, Sehat dan Hemat

billy - Jumat, 28 Desember 2012 | 13:19 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Konsepsi global terkait kebijakkan ramah lingkungan telah menjadi isu yang santer untuk diaplikasi pada bangunan modern. Nah, sejumlah dealer mobil pun telah menerapkan konsep go green pada kontruksi bangunan dan equipment pendukungnya. Tentu hal ini bukanlah sebatas pilot project melainkan suatu pengembangan yang nantinya akan dibuat serentak untuk semua jaringan dealer.

Kriteria dealer go green terdiri dari beragam poin yang secara garis besar memenuhi ketentuan environment health and safety pada seluruh lingkungan dealer. Untuk mewujudkan konsep hijau maka lanskap dan infrastruktur mutlak digarap sesuai dengan kriteria. Oleh karena itu butuh investasi lebih besar untuk mewujudkannya.

Inisiatif pabrikan mobil untuk merealisasikan dealer go green sangat diperlukan. Benefit dengan menerapkan konsep dealer ramah lingkungan cukup menguntungkan, salah satunya adalah pengehematan energi listrik. Sehingga mengurangai pembayaran tagihan listrik bulanan, yang tentu saja menghemat biaya operasional.

Nah, sejumlah dealer dari berbagai pabrikan berbeda telah menerapkan konsep go green untuk operasional di Jakarta dan sekitarnya. Berikut diantaranya.

Auto2000


Sebagai authorized dealer Toyota yang menyumbang penjualan sebesar 80 persen, Auto2000 telah lebih dulu menerapkan konsep ramah lingkungan pada jaringan dealernya. Salah satunya pada Auto 2000 Permata Hijau, Jakbar. “Visinya adalah SHEQ (Safety Health Environment Quality), untuk semua dealer baru sudah menerapkan konsep ini. Salah satunya di Auto2000 Permata Hijau,” jelas Jodjana Jodi, Chief Executive Auto2000.

Terdapat 7 poin yang telah diaplikasi pada dealer Permata Hijau. Yakni aplikasi solar cell dan LED pada sistem penerangan jalan sehingga tidak menyedot energi listrik. Kemudian seluruh ruangan telah menggunakan LED. Konsep bengkel dibuat terbuka sehingga memudahkan sinar matahari masuk dan meminimalkan penggunaan lampu pada siang hari. Memperbanyak tanaman hijau diseluruh sisi bengkel untuk mengurangi polusi gas buang. “Penggunaan oil trap serta pengolahan sampah yang dibagi berdasarkan jenisnya, aplikasi timer dan sensor pada instalasi lampu di toilet serta AC ruangan,” rinci Yuta Obed, Service Manager Auto2000 Permata Hijau.

HONDA

Dealer Honda Pondok Pinang telah menerapkan konsep go green dengan struktur bangunan terbuka sehingga mengoptimalkan pencahayaan ruang tanpa menggunakan listrik. “Pada tiap saklar juga diberi peringatan untuk mematikan lampu jika tidak digunakan. Lalu setiap sisi juga dilengkapi tanaman yang dirawat oleh tukang kebun,” bilang Sarto Rombe, selaku Service Manager Honda Pondok Pinang, Jaksel.

Selanjutnya untuk kondisi bengkel yang menganut konsep open space, sehingga meminimalisir penggunaan energi litrik. “Bengkel juga sudah menggunakan oil trap sebagai standardisasi. Kemudian kami juga menyortir kain lap untuk dibersihkan agar bisa digunakan kembali, sehingga memperkecil sampah kain,” sambung Sarto merinci.

BMW Sales Operation

PT Astra International, Tbk – BMW Sales Operation, resmi membuka showroom berkonsep ramah lingkungan berlokasi di Jl. Pluit Putra Raya No. 21, Jakarta Utara. Showroom baru ini dibangun dengan investasi Rp 4,7 milyar.

“Di dalam dealer ini terdapat ruangan untuk dealing maupun bersantai yang dikemas dengan nuansa heritage. Lengkap dengan kolam beserta riak air pancuran dan batuan alam,” bilang Ernando Demily, Chief Executive, PT Astra International, Tbk – BMW Sales Operation. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa