Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Car Care Musim Hujan, Lima Produk yang Harus Ada

billy - Kamis, 29 November 2012 | 06:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ritual mencuci mobil di musim hujan, tentu bakal semakin sering. Supaya praktis dalam memberikan perawatan optimal tanpa merusak maka perlu disiapkan car care khusus untuk personal. “Agar mudah, sediakan personal car care yang terdiri dari satu paket car wash. Termasuk di dalamnya sabun, polish, sponge, dan tire restorer, serta lap microfiber,” ungkap Felix Chandra, Area Sales Manager Turtle Wax, PT Laris Chandra.

Spesifikasi sabun pencuci mobil pun harus diperhatikan, yakni kandungan deterjen dan tingkat keasaman atau PH-nya. “Memilih sabun pencuci mobil tidak hanya menyingkirkan kotoran dan debu tanpa merusak lapisan cat kendaraan anda. Namun harus PH nya harus netral sehingga mencegah korosi pada cat kendaraan. Alhasil kita tidak perlu khawatir mencuci mobil sesering mungkin pada musim hujan,” terang Harry D. Nurdin, selaku Division Head Automotive Retail PT 3M Indonesia.

Selain sabun cuci mobil, perlengkapan car care lainnya adalah wax. “Wax berfungsi fital untuk mengilapkan sekaligus melindungi permukaan cat mobil. Pemakaian wax setelah mencuci sangat dianjurkan untuk melindungi lapisan cat mobil,” beber Deden Irawan, Outlet Manager Victory Car Wash.

No caption
No credit
No caption

Kemudian untuk Anda yang suka detailing ban, maka perlu disediakan pula tire restorer. “Dengan menggunakan peranti ini maka kilau ban dapat terekspos secara alami. Alhasil ban terlihat baru dan tidak mudah berdebu,” bilang Tejo Negoro, Product and Channel Development Manager Automotive Retail PT 3M Indonesia.

Lalu pembersih kaca yang disebut rain repellant. Untuk berkendara pada kondisi hujan membuat permukaan kaca depan dihinggapi deposit mineral atau jamur. Agar visibilitas tidak terganggu, rain repellant layak tersedia di dalam kabin mobil. Sebaiknya gunakan rain repellant dengan komposisi yang waterbase agar tidak menimbulkan flek pada permukaan kaca.


Dilanjut sponge yang dibedakan berdasarkan dua kriteria umum, yakni berpori besar dan kecil. Penggunaan satu jenis sponge untuk semua keperluan memang diharamkan, sebab kotoran atau partikel debu akan menempel pada sponge dan berisiko menggores permukaan bodi. Terlebih jika sebelumnya sponge digunakan pada peranti kaki-kaki kemudian digunakan pula untuk bagian bodi.

Untuk finishing, sebaiknya gunakan lap microfiber yang berguna menyeka sisa air ataupun sabun. Nah, saat ini telah hadir lap microfiber yang juga berfungsi sebagai wax. Produk tersebut adalah Aion Drying Towel With Wax. Selain dapat digunakan untuk finishing, lap ini dilapisi wax untuk membersihkan permukaan sekaligus mengikat kilau cat bodi mobil.

Permukaannya yang halus diyakini aman untuk mengelap seluruh bodi mobil tanpa berisiko gores. “Aion Drying Towel With Wax ini dapat digunakan untuk 3 mobil sekaligus atau pemakaian 3 kali di mobil yang sama. Harga eceran dibanderol antara Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu, dalam satu kemasan berisi 2 buah towel,” jelas Robert Lizar, Director PT Mitra Niaga Nusatama. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa