Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Janji Jokowi Atasi Macet Jakarta, Tambah 1.000 Unit Bus Transjakarta!

billy - Selasa, 2 Oktober 2012 | 15:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Apa yang akan dilakukan calon Gubernur DKI Joko Widodo untuk mengatasi macet? Dengan lugas pria bertubuh ramping itu menjawab : pemetaan, perencanaan, eksekusi dan fokus.”Rencana tanpa eksekusi sama juga bohong,” ujar Jokowi kepada OTOMOTIF pada buka puasa di Rumah Rio Sarwono (16/8), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Banyak yang akan dikerjakan tentu saja. Tetapi, Jokowi tetap ingin fokus seperti pembenahan Transjakarta. Secara konsep, lanjut Jokowi, sudah benar. Tapi ia melihat pelaksanaan di lapangan tidak sesuai harapan.

“Kalau nunggunya 30-60 menit, ya sama juga bohong. Itu juga belum tentu ketika bus datang, penumpang yang sudah nunggu di halte langsung bisa terangkut. Kenapa bisa begitu? Ya karena unit busnya sangat kurang,” ungkapnya.

No caption
No credit
No caption

Maka bersama wakilnya, Basuki Tjahaya Purnama yang karib disapa Ahok akan menambah unit bus Transjakarta hingga 1.000. “Tujuannya agar bisa tenggat waktu ideal sekitar 3 menit dari bus satu ke bus berikutnya,” tambah Jokowi.

Diakui Jokowi, hal itu juga tidak mudah pelaksanaannya. Apalagi untuk pengadaan bus dan operator setiap koridor selama ini harus ditenderkan kepada swasta dan pihak ketiga. “Tapi percayalah dengan semangat untuk kepentingan warga Jakarta dan sekitarnya, hal menyangkut perjanjian itu bisa dibicarakan lagi lebih lanjut,” ucap suami Riana ini.

“Saya juga punya ide, untuk ruas jalan yang macet, disiapkan railbus. Jadi tidak terpancang pada jalur khusus,” lanjutnya.


Lalu untuk program lainnya seperti MRT (Mass Rapit Transport) dan monorel akan diakselerasi. “MRT yang sudah lama direncanakan, ya akan dipercepat eksekusinya. Demikian pula proyek monorail yang sudah ada tiang pancangnya, akan dipelajari dulu sebelum dilanjutkan pembangunannya. Sayang kan sudah investasi, tapi mubazir,” tutur Jokowi.

Satu hal lagi, Jokowi juga akan melakukan akselerasi ‘17 Langkah’ Atasi Kemacetan Jakarta yang diinstruksikan Wapres Boediono pada 2 September 2010 yang sempat terhenti pada era Fauzi Bowo.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa