Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Aleix Espargaro Akui Motornya Mirip YZR-M1 Lorenzo Tahun 2012

Minggu, 23 Maret 2014 | 16:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Ditemui OTOMOTIFNET sebelum sesi kualifikasi MotoGP seri pembuka di Losail Qatar (22/3), Aleix Espargaro mengaku jika motornya sedang dalam performa terbaik. Ketika ditanya apa yang membuatnya konsisten di barisan terdepan, Ia mengakui motornya memang kencang.

"Mustahil bisa kompetitif di MotoGP tanpa motor kencang," ungkap pembalap dari tim NGM Mobile Forward Racing ini. Padahal Aleix turun dengan motor spek Open Class, spesikasi dengan pembatasan ECU berikut softwarenya dari Dorna.

Meski software ECU diatur, tapi open class memiliki berapa kelonggaran seperti kesempatan untuk menggunakan bahan bakar lebih banyak saat balap, punya pilihan ban extra soft dan memiliki jatah mesin lebih banyak dalam setahun dengan kemungkinan riset pacuannya. Keuntungan ini memang sengaja diberikan agar motor non pabrikan juga bisa bersaing di barisan depan.

Dan terbukti ampuh, pembalap berperawakan jangkung 180 cm ini mampu tampil konsisten menjadi yang tercepat selama empat kali sesi free practice di seri Losail Qatar. Apes saat kualifikasi Aleix hanya bisa berada di posisi kesepuluh karena terjatuh.

Sedang motor Open Class yang digunakan Aleix sendiri merupakan buatan Yamaha yang dikembangkan dari YZR-M1 tim pabrikan. "Motor ini mirip dengan motor yang pakai Lorenzo tahun 2012, mesin dan rangkanya mirip," beber pemilik nomor start 41 ini.

Tapi kenapa Aleix bisa lebih kencang dari Colin Edwards rekan satu timnya yang notabene menggeber motor sama dan kaya pengalaman. "Mungkin saya lebih muda dan agresif," ungkap pemakai helm dengan tulisan 41_eix di belakangnya. (otosport.co.id)

Semoga saat balap nanti dewi fortuna berpihak padanya! (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa