Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wawancara Eksklusif dengan Davide Brivio, Motivasi Besar untuk Comeback Suzuki MotoGP

Rabu, 19 Maret 2014 | 18:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


O (OTOMOTIF): Peran manajer tim bukanlah sesuatu yang baru bagi anda. Bagaimana peran anda sekarang di tim Suzuki dibandingkan ketika berada di Yamaha?

DB (Davide Brivio): Ketika Suzuki menelpon saya,  ini adalah pertama kali Suzuki akan memulai sebagai tim yang didukung langsung pabrikan. Semuanya baru, dari tidak ada apa-apa alias kami harus mulai dari nol untuk mengorganisasi kembali. Berbeda dengan sebelumnya (saat di tim Yamaha), semuanya terorganisasi, saya bergabung dari awal dan beberapa tahun kemudian menjadi lebih terorganisasi. Sekarang (di tim Suzuki), semuanya dimulai dari nol. Ini adalah proyek sangat menarik dan menggairahkan. Saya punya motivasi besar untuk ini.

O: Pada 2011 - 2012 anda juga bertindak sebagai manajer Valentino Rossi saat di Ducati, apa  peran utama anda di Ducati waktu itu?

DB: Saya tidak pernah bekerja untuk Ducati, Musim 2011-2012 saya bekerja hanya untuk Valentino Rossi sebagai personal affair yang mengurusi masalah kontrak dan aktivitas bisnis yang berhubungan dengan sponsor. Untuk urusan teknik, saya sama sekali tidak terlibat dengan Ducati.

O: Sekarang anda bertanggung jawab penuh di Suzuki. Apa yang anda rencanakan untuk membuat Suzuki menjadi siap saat berlaga di MotoGP tahun depan?

DB: Saya berusaha mempersiapkan motor Suzuki agar bisa menantang para pesaing top. Tapi kami tahu, kami butuh waktu untuk itu, maksudnya saat balapan nanti, mungkin kami tidak segera langsung kompetitif. Perlu sedikit dan kami menargetkan mampu bersaing dengan Honda dan Yamaha. Saya tidak tahu mungkin butuh waktu setahun, dua tahun atau tiga tahun, kami butuh waktu untuk sampai ke sana. Kami sadar, kami bekerja lebih untuk mengembangkan motor ini, dan itu tidaklah gampang, tapi saya akan berusaha.

O: Apakah Suzuki bisa sejajar dengan pesaing utama seperti Honda, Yamaha dan Ducati tahun depan?

DB: Saya pikir saat ini Honda dan Yamaha berada di level yang paling atas, mereka top. Sedangkan pada 3 - 4 tahun belakangan ini Ducati menurun dibanding sebelumnya. Kami berharap  Suzuki berada barisan tengah dan berusaha menjadi teratas secara bertahap, langkah demi langkah. Lagi pula, target kami bukanlah Ducati atau Yamaha, tapi lebih untuk menantang semua orang supaya bisa melakukan hal yang terbaik.

O: Bagaimana dengan jumlah pembalap, Apakah Suzuki akan bertarung dengan satu atau dua pembalap di MotoGP 2015?

DB: Dua pembalap, yah... seperti kebanyakan tim pabrikan lainnya. Siapa yang membalap nanti, saya masih belum tahu. Kita masih melihat apa yang nanti terjadi di pasar pembalap. Márquez mungkin akan tetap di tim yang sekarang. Dan mungkin siapa sangka kalau Lorenzo ke Honda, Valentino tetap di Yamaha. Atau Carl Crutchlow, Alvaro Bautista dan Scott Redding. Saya tidak tahu. Eugene Laverty juga bagus, dia menang satu race di Superbike, dia juga bagian dari keluarga Suzuki. Kita akan lihat, siapa saja yang masuk di list kami.

O: Akankah pembalap dari Suzuki tahun depan akan sama dengan saat ini. Maksudku Randy de Puniet bisa berada di tim musim depan?

DB: Jujur saja, Randy adalah salah satu kandidat sebagai pembalap Suzuki MotoGP, sebab itu kami memilih Randy sebagai pembalap tes selama 2 tahun. Saat ini hal itu belum diputuskan, kami tidak menjanjikan apapun ke Randy dan dia tahu itu.




Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa