Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karakter Yamaha YZR-M1 Baru, Lebih Mudah Masuk Tikungan!

Selasa, 18 Maret 2014 | 16:09 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Seri pertama MotoGP 2014 tinggal menunggu hari saja. Ada perubahan mendasar terhadap Yamaha YZR-M1 tunggangan Jorge Lorenzo maupun Valentino Rossi.

Untuk sementara, masih dengan kelir putih yang lebih mendominasi sekujur tubuh motor berkapasitas mesin 1.000 cc, dengan sistem pendinginan menggunakan radiator. Berbeda dengan tampilan musim sebelumnya, yang sekujur tubuh YZR-M1 lebih banyak dibalut kelir biru. Namun tampilan ini disinyalir akan berubah lagi setelah bergabungnya sponsor baru Movistar. Kita tunggu saja sebelum seri pertama di Qatar nanti.

Okay, sudah cukup soal tampilan anyar tunggangan si 99 dan 46. Pasalnya tampilan itu enggak akan mempengaruhi hasil akhir dari balapan musim 2014 ini.

Dalam melakukan sesi test 1 di Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu, Rossi menunjukkan kemajuan yang cukup pesat dalam menunggangi YZR-M1. Dari 3 kali sesi tes, kuda besi bertenaga 240 hp itu selalu bisa berada di barisan terdepan pembalap tercepat.

Bahkan pada tes itu, kali pertama si 46 bisa menorehkan catatan waktu di bawah 2 menit. "Hasil yang cukup menggembirakan, karena ini kali pertama bisa di bawah 2 menit di trek Sepang. Banyak solusi yang didapatkan pada tes kali ini," ucap Rossi.

Sistem pengereman yang jadi isu santer penghambat Rossi musim lalu sepertinya terpecahkan di Sepang. Bagian sitem pengereman depan, enggak ada yang berubah antara musim ini dengan sebelumnya.



Livery Sementara Yamaha YZR-M1, Akankah Berubah Setelah Bergabungnya Sponsor Movistar?

YZR-M1 masih menggunakan Brembo dengan double cakram berdiameter 320 mm plus kaliper 4 piston. Hal yang sama juga di sistem pengereman bagian belakang yang tetap menggunakan cakram tunggal dan kaliper double piston.

Memang ada sedikit perubahan pada saat sesi tes pertama beberapa waktu lalu. Walau sedikit, tapi membuat pengereman lebih stabil.

Bagian gearbox masih menggunakan seamless dengan 6 percepatan, juga disenggol-senggol sedikit oleh tim mekanik Yamaha Factory. Kurang lebih sama juga dilakukan pada bagian kopling. Sedikit perubahan tapi ini balapan MotoGP, tentu menghasilkan perubahan yang membuat Rossi lebih percaya diri di atas YZR-M1. Sekarang kuda besi bersuspensi Ohlins bagian depan dan belakang itu, lebih mulus saat memasuki tikungan.

Ubahan demi ubahan yang sudah dilakukan enggak hanya membawa dampak positif bagi Rossi saja, Lorenzo juga mengalami hal yang sama. Hanya saja, juara dunia 2010 dan 2012 ini masih terkendala dengan sistem elektronik.

Hal ini merupakan imbas dari regulasi baru soal pemakaian bahan bakar yang dari 21 liter menjadi 20 liter pada musim ini. Sistem elektronik yang diubah agar bisa membuat bahan bakar lebih irit, malah membuat Lorenzo susah mengontrol tunggangannya.

Akibatnya di atas YZR-M1, Lorenzo merasa ragu untuk membuka throttle. Sampai dengan paruh musim 2014 Lorenzo akan mengalami hal ini, itu karena insinyur Yamaha Factory baru akan melakukan perbaikan setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul. (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa