Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Revisi Poin Penalti Musim 2014

Selasa, 17 Desember 2013 | 16:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Pertemuan Komisi Balap Grand Prix juga menelurkan revisi regulasi MotoGP, berkaitan dengan poin penalti yang tidak dihapus pada akhir musim. Selain mengeluarkan juga peraturan baru khusus buat Moto3, peraturan baru ini akan efektif diberlakukan pada 2014.

Poin penalti diperkenalkan pada musim ini. Race Direction bisa memberi sanksi pada rider poin penalti antara 1-10 kalau membahayakan pembalap lain atau melakukan serangan terlalu agresif. Poin terakumulasi dengan hukuman kalau sudah mencapai 4 poin (start dari grid paling belakang), 7 (start dari pitlane) dan 10 poin (diskualifikasi dari balap).

Contohnya, Marc Marquez sudah mengumpulkan 2 poin penalti di Silverstone dan Aragon. Marquez hanya diberikan penalti 1 poin ketika senggolan dan Pedrosa jatuh di Aragon. Nyaris saja ia start dari paling belakang kalau dapat poin penalti lebih banyak. (otosport.co.id)


Perubahan Regulasi Semua Kelas – Efektif 2014
Poin Penalti

“Pada 2013, semua Poin Penalti yang diberikan akan dihapus dari catatan rider di akhir musim. Mulai, 2014 poin hukuman akan tetap pada catatan rider selama 365 hari, setelah itu baru dihapuskan. Ini berarti bahwa rider akan memiliki penghitungan poin penalti bergulir dengan poin baru yang ditambahkan pada saat terjadinya dan poin dikurangi pada ulang tahun mereka.”

Restart Balapan Yang Terganggu
"Perlu diakui bahwa mungkin ada situasi ketika balapan terganggu dilakukan restart dan mungkin diperlukan untuk menghentikan balapan yang diulang tadi. Saat ini tidak ada ketentuan dalam peraturan untuk balapan yang direstart ini.

"Mulai 2014 balap restart yang terputus kurang dari lima lap selesai akan restart lagi. Dalam kelas Moto3 dan Moto2 akan ada maksimal dua restart. Di kelas MotoGP, Race Direction dapat memberikan otorisasi lebih dari dua restart sesuai dengan keadaan.”

"Rincian tepat dari panjang balapan yang direstart dan penentuan hasil balapan terakhir akan diterbitkan dalam peraturan FIM.”

Protes
"Batas waktu untuk mendaftarkan protes telah dikurangi dari satu jam menjadi 30 menit setelah penerbitan hasil lomba.

"Pihak yang terlibat harus mengumumkan niat mereka untuk memprotes dalam waktu 30 menit dengan memberitahu Race Direction atau IRTA secara lisan. Mereka kemudian memiliki batas waktu satu jam dari penerbitan hasil untuk mengkonfirmasi protes mereka secara tertulis atau, sebaliknya, mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak melanjutkan protes mereka.”

Wild Card
"Peserta Wild Card yang membatalkan masuk setelah diterima, selain karena cedera atau alasan lain, tidak akan lagi menerima pengembalian atas biaya izin satu event GP yang dikeluarkan oleh FIM.”

"Demikian pula, biaya masuk yang dibayarkan oleh Wild Card untuk menutupi biaya dari materi yang disediakan untuk partisipasinya tidak akan dikembalikan secara penuh oleh IRTA kecuali Federasi dapat memberikan rider pengganti. Jika tidak ada pengganti yang disediakan oleh Federasi maka hanya 50 % dari biaya masuk akan dikembalikan.”

"Dalam entri Wild Card di masa depan akan dialokasikan akomodasi pit box sementara di paddock bersama pit box yang disediakan untuk tim terkontrak yang belum memenuhi syarat untuk pit box permanen. Biaya masuk akan meningkat sebesar € 500,00  sebagai kontribusi untuk biaya tersebut."

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa