Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tim Suzuki Siap Meriset ECU dari Magnetti Marelli

Bagja - Rabu, 19 Juni 2013 | 06:40 WIB
No caption
No credit
No caption


Salah satu komponen yang paling ditegaskan dalam regulasi MotoGP musim 2014 adalah Electronic Control Unit (ECU) alias sistem kontrol elektronika di motor dan Datalogger di motor. Dalam regulasi tersebut, tim-tim manufaktur dibebaskan untuk mengembangkan sistem kelistrikan sendiri. Tapi mereka dibatasi dalam beberapa hal.

Diantaranya adalah penggunaan maksimal 5 mesin semusim, pengurangan takaran bahan bakar dari 21 liter (musim 2013) jadi 20 liter musim depan, hingga beberapa hal lain yang diatur dalam regulasi teknis. Tapi bagi yang memilih untuk menggunakan sistem kontrol elektronik yang ditetapkan oleh regulator (FIM, Dorna Sports dan MSMA), mereka bisa menggunakan 12 mesin semusim, dan bahan bakar sebanyak 24 liter per race.

Nah, Suzuki sendiri sepertinya bakal memilih menggunakan ECU yang dipasok Magnetti Marelli sebagai manufaktur yang ditunjuk official ECU untuk tim-tim pabrikan dan privat.

“Tahun ini kami masih menggunakan ECU dari Mitsubishi sebagai partner selama ini. Tapi ke depannya kami akan menggunakan ECU dari Magnetti Marelli yang ditunjuk sebagai pemasok resmi ECU untuk MotoGP. Meski produknya sudah ada, tapi tim teknis kami masih akan mempelajarinya lebih dahulu, sebelum mengaplikasikannya di akhir musim 2013 nanti,” beber Davide Brivio sebagai manager tim Suzuki.

“Kami sendiri sangat berharap agar sistem ECU dari Magnetti Marelli sudah bisa kami ujicoba di sesi tes akhir musim sebelum memasuki musim dingin. Sementara untuk musim 2014, akan kami gunakan sebagai tahun melakukan riset penuh untuk persiapan di 2015,” tegasnya. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa